Beranda Uncategorized Kadis Kominfo Kukar: SDM Faktor Kunci Hadapi Perkembangan Teknologi Digital

Kadis Kominfo Kukar: SDM Faktor Kunci Hadapi Perkembangan Teknologi Digital

93
0
BERBAGI
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto. (Sumber Foto Beritakajang.com/Nurdin)

Kukar, Beritakajang.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto didampingi Pranata Komputer Bidang E-Goverment Fedlandi Yulian, menghadiri acara pembukaan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) digital, berlangsung di Hotel Mercure Kota Samarinda, Senin (13/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfo Kukar mengatakan, sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam menghadapi perkembangan teknologi digital.

“Kita harus mampu menyiapkan SDM yang kompeten, berkualitas, memiliki keterampilan, dan berdaya saing tinggi dalam persaingan global,” ujarnya.

Kadis Kominfo Kukar menyampaikan bahwa di era teknologi digital, SDM harus selalu siap menghadapi perubahan dan terus berinovasi, menggantikan teknologi lama dengan teknologi digital baru yang lebih efisien dan bermanfaat.

“Kita harus dapat beradaptasi dan berkompetisi di era digital. Untuk itu diperlukan pemikiran yang inovatif. Hal tersebut hanya dapat terjadi apabila kita memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki wawasan yang luas,” ujarnya.

Kadis Kominfo Kukar berpendapat bahwa pelatihan yang digelar sangat baik.

“Saat ini semuanya serba digital. Manusia dipaksa harus melek teknologi kalau tidak ingin tertinggal. Secanggih apapun teknologi, tetap membutuhkan manusia. SDM di era digital harus terus ditingkatkan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengimbangi kemajuan teknologi. Pelatihan secara digital seperti ini terbukti menghemat biaya, waktu dan tempat,” jelasnya.

Dafip Haryanto menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo RI menggelar pelatihan-pelatihan gratis bagi ASN dan masyarakat umum.

“Insya Allah untuk Kabupaten Kukar, pelatihan pengembangan SDM digital akan diselenggarakan pada bulan Maret 2023 secara offline,” ujarnya.

Pelatihan pengembangan SDM digital ini digelar Pemerintah Kota Samarinda bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitan Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin.

Kegiatn tersebut dihadiri oleh Walikota Samarinda Andi Harun, Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap, seluruh Kepala Diskominfo se-Kaltim, dan seluruh satuan organisasi perangkat daerah se-Kota Samarinda. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here