Beranda Uncategorized Pemkot Samarinda Gelar Pelatihan Pengembangan SDM Digital

Pemkot Samarinda Gelar Pelatihan Pengembangan SDM Digital

180
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Nurdin)

Samarinda, Beritakajang.com – Pemerintah Kota Samarinda bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitan Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin menggelar acara pelatihan pengembangan SDM digital untuk masyarakat umum, tenaga teknis ASN, dan tenaga fungsional ASN di lingkungan Pemkot Samarinda, bertempat di Hotel Mercure Kota Samarinda, Senin (13/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Samarinda Andi Harun, Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap, seluruh Kepala Diskominfo se-Kaltim, seluruh satuan organisasi perangkat daerah se-Kota Samarinda.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Plt. Kapusdiklat Kominfo RI, Baso Soleh, melalui zoom meeting.

Walikota Samarinda Andi Harun dalam sambutannya mengatakan, saat ini dibutuhkan literasi digital. Kecepatan teknologi informasi dan komunikasi masih belum balance dengan kemampuan SDM-nya.

“Membangun teknologi lebih mudah dari membangun manusianya. Harus ada percepatan pembangunan SDM untuk mengimbangi perkembangan teknologi,” ujar Walikota Andi Harun.

Plt. Kepala Pusat Diklat Kemenkominfo RI Baso Soleh melalui zoom meeting mengatakan tentang tiga pilar fondasi transformasi digital, yakni pengembangan infrastruktur, regulasi, dan ekosistem.

“Infrastruktur merupakan hal paling mendasar dalam dunia digital, bagaimana infrastruktur menjadi backbone. Infrastruktur tersebut perlu didukung oleh regulasi. Setelah dua itu terpenuhi, baru kita bangun ekosistemnya,” jelas dia.

Baso Soleh menyampaikan harapan agar masyarakat dapat semakin berkembang supaya berdaya dan mencapai potensi terbaiknya.

“Dari sisi dunia usaha, diharapkan dapat berlangsung fungsi fasilitasi dan optimasi aktivitas ekonomi dan bisnis yang berbasis teknologi digital. Dari sisi pemerintah, kami ingin membuat standardisasi dan integrasi pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkas dia. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here