Beranda HL Peringatan Hari Pahlawan Jangan Hanya Sekedar Seremoni

Peringatan Hari Pahlawan Jangan Hanya Sekedar Seremoni

361
0
BERBAGI

Lubuklinggau, Beritakajang.com – Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar, menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Pahlawan 10 November, di halaman eks perkantoran Pemkab Musi Rawas, Kota Lubuklinggau, Selasa (10/11/2020).

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Wawako Lubuklinggau mengatakan, Hari Pahlawan kiranya tak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa sebagaimana tema Hari Pahlawan 2020. ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” ujarnya.

Dikatakannya, dulu bangsa ini berjuang dengan mengangkat senjata, sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

“Meskipun dalam masa pandemi Covid, peringatan Hari Pahlawan 2020 diharapkan berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Menurutnya, nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa ‘hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar’.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini,” pungkasnya. (Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here