Beranda Banyuasin Kapolres Banyuasin : Optimalkan Satkamling dan Pam Swakarsa di Lingkungan Tempat Tinggal

Kapolres Banyuasin : Optimalkan Satkamling dan Pam Swakarsa di Lingkungan Tempat Tinggal

22
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang/Pirman)
Banyuasin,Beritakajang.com – Kepolisian Resor (Polres) Banyuasin menekankan untuk mengoptimalkan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dan Pam Swakarsa di lingkungan tempat tinggal guna mencegah kejahatan Curat, Curas dan Curanmor (3C).
Hal tersebut disampaikan Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan di ruangan kerjanya, Kamis (25/4).
“Kapolres Banyuasin saat ini menekankan kepada masyarakat untuk mengoptimalkan Sistem Keamanan Lingkungan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa atau mandiri di lingkungan tempat tinggal,” kata Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo.
“Menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara Kamtibmas. Dan semua itu dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri,” jelas dia.
AKP Sutedjo menyampaikan tentang pentingnya percepatan revitalisasi Satkamling. Sebagai garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada lingkungan kelurahan atau desa. Satkamling menjadi early warning akan adanya potensi kejahatan dan dapat melakukan pencegahan prediktif,” ungkap dia.
Selain itu lanjut AKP Sutedjo, Siskamling merupakan unit terkecil yang beranggotakan warga setempat di tingkat RT/RW. Solidaritas dan kepedulian warga yang ingin dibangun dengan senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.
Oleh karena itu, tutur Kasi Humas AKP Sutedjo, soliditas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelanggaraan Satkamling. “Selain itu Satkampling juga harus selalu bersinergi dengan TNI-POLRI dan pelaku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal,”imbuh dia.
Agenda Pilkada serentak 2024 menjadi tantangan Satkampling ke depan. Kehadiran Satkampling diharapkan menjadi sistem pendingin agar tidak ada perpecahan masyarakat karena perbedaan pilihan. “Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan, serta kita jaga bersama,” tegas dia.
“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan,” imbuh dia.
Kata dia, peran aktif dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi Satkamling. Dengan mengaktifkan kembali, dan memberdayakan Satkamling di lingkungannya masing-masing. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here