Beranda Asahan Bupati Asahan Hadiri Peringatan Hari Kartini ke-145

Bupati Asahan Hadiri Peringatan Hari Kartini ke-145

75
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan John Hardi Nasution mengatakan, ada empat sektor yang dibidik pemerintah terkait peran penting perempuan dalam pembangunan.

Keempat sektor tersebut mencakup bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan yang terkait dengan kekerasan.

Hal itu disampaikan Sekda saat mewakili Bupati Surya dalam acara peringatan Hari Kartini ke-145 di Gedung Serba Guna, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara.

“Langkah strategis disiapkan untuk mengatasi isu pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, sekaligus mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’S), terutama tujuan kesetaraan gender,” kata John Hardi, Rabu (24/5/2023).

Sekda pun menjelaskan untuk bidang pendidikan, pemerintah mengimplementasikan wajib belajar 12 tahun serta menyediakan kesempatan bagi anak-anak dari keluarga miskin melalui Kartu Indonesia Pintar dan program keluarga harapan.

Di bidang kesehatan, pemerintah fokus memperbaiki akses dan kualitas pelayanan kesehatan untuk ibu, anak, dan remaja, mengakselerasi usaha perbaikan nutrisi, mengintegrasikan kesehatan reproduksi ke dalam kurikulum pendidikan, mendorong pengetahuan dan keterampilan berkeluarga serta memperbaiki akses dan kualitas keluarga berencana.

“Bidang ketenagakerjaan, pemerintah fokus untuk memperluas kesempatan kerja, mendorong fleksibilitas pasar tenaga kerja, menyesuaikan gaji dengan mekanisme pasar, memperbaiki keterampilan dan kapasitas tenaga kerja dengan pelatihan untuk perempuan dan menguatkan implementasi kebijakan tenaga kerja,” katanya.

Sedangkan sektor yang terakhir atau yang keempat terkait pencegahan kekerasan, di bidang ini pemerintah menargetkan peningkatan pemahaman atas definisi kekerasan dan penyelundupan perempuan, menyediakan perlindungan hukum bagi kasus kekerasan terhadap perempuan dan meningkatkan efektivitas pelayanan bagi penyintas anak dan perempuan.

“Mari kita jadikan momentum Hari Kartini untuk meningkatkan kesetaraan bagi perempuan dan gender balance disegala kehidupan,” tandas Sekda. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here