Beranda Uncategorized Pelatihan Diksar Satpam Angkatan ke-4 Resmi Ditutup

Pelatihan Diksar Satpam Angkatan ke-4 Resmi Ditutup

229
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Daniel)

Sendawar, Beritakajang.com – Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Garda Pratama Satpam angkatan ke-4 secara resmi ditutup.

Penutupan dilaksanakan dengan upacara khusus ditandai dengan menanggalkan tanda peserta pelatihan.

Bertindak sebagai inspektur upacara AKP Abdul Muthalib mewakili Durektur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Anggie Yulianto Putro SH SIK dan Kapolres Kutai Barat AKBP Hery Rusyaman SH SIK, bertempat di Lamin Aoheng Taman Budaya Sendawar (TBS) Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (26/1/2023).

Pelatihan diksar yang diikuti 32 peserta disponsori oleh PT. Kubar Outsource Global (KOG) sejak 20 sampai 26 Januari 2023, dinyatakan lulus dengan hasil yang cukup memuaskan.

Menurut Kasat Binmas Polres Kubar mengatakan, ia tanggalkan tanda peserta pelatihan. Itu artinya kegiatan pelatihan kualifikasi gada pratama telah berakhir.

“32 peserta dinyatakan lulus dengan hasil yang cukup baik. Dan pelatihan dapat dilaksanakan sesuai jadwal serta rencana yang telah diprogramkan,” ucap Abdul Muthalib saat membacakan sambutan tertulis Dirbinmas Polda Kaltim.

Ditambahkan dia, setiap anggota satpam merupakan ujung tombak perusahaan yang bertugas sebagai aparat keamanan dan ketertiban di lingkungan tugasnya.

“Satpam pengemban fungsi kepolisian terbatas dalam rangka penegakan hukum secara preventif di lingkungan tugasnya, sehingga diperlukan satpam dengan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan. Apalagi setelah saudara lulus mengikuti pelatihan lanjutan satpam kualifikasi gada pratama,” ucapnya.

Dia berpesan dan memberikan perhatian kepada anggota satpam agar meningkatkan profesionalisme, sehingga profesi satpam mendapat tempat yang lebih baik dan terhormat. Dan menerapkan ilmu yang peroleh, menjadi bekal tugas di lapangan.

“Jangan mudah terprovokasi yang akhirnya satpam sendiri turut melakukan tindakan yang tidak terpuji, seperti mogok kerja, demonstrasi/unjuk rasa. Jauhi sifat arogansi,” pintanya.

Kepada Satpam juga diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mensosialisasikan tentang kebijakan pemerintah yang telah diambil.

“Selamat kepada seluruh peserta pelatihan satpam yang baru saja selesai mengikuti pelatihan ini, selamat kembali ke tempat tugasnya masing-masing. Selamat bertugas, dan teriring salam kepada keluarga,” urai Abdul Muthalib.

Dirbinmas Polda Kaltim juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PT. Kubar Outsource Global (KOG) yang telah melaksanakan pelatihan diksar satpam di Kutai Barat.

“Kepada Direktur Utama PT Kubar Outsource Global, terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada Polda Kaltim untuk mendidik anggota satpamnya di Taman Budaya Sendawar Kubar Kaltim, sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kubar Outsource Global (KOG), Markus Dino SE mengharap agar 32 peserta yang telah lulus dalam diksar satpam gada pratama ini, ketika kembali ke lingkungan kerja dapat menerapkan ilmu yang didapat.

“Tugas anggota satpam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di tempat kerja dan lingkungannya. Meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Melindungi dan mengayomi terhadap warga di tempat kerja dan lingkungannya,” ujarnya, disampaikan melalui Sekretaris DPC Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Kutai Barat, Sarjudi.

Untuk diketahui, peserta pelatihan diksar satpam tingkat gada pratama angkatan ke-4 tahun 2023 yang dilaksanakan oleh PT KOG berjumlah 32 orang. Terdiri utusan dari Pemkab Kutai Barat, PT TSA/FKO, PT MBL, PT Tekno, PT BDK, BPPJ/SOS, dan juga masyarakat umum.

 

Hadir pula dalam kesempatan itu para personel Sat Binmas Polres Kubar, sejumlah staf dan perwakilan perusahaan, serta undangan lainnya. (Daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here