Beranda Ogan Ilir Kerjasama Bawaslu dan Media di Wilayah OI Tangkal Hoax Pada Pemilu 2024

Kerjasama Bawaslu dan Media di Wilayah OI Tangkal Hoax Pada Pemilu 2024

69
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com)

Ogan Ilir, Beritakajang.com – Dalam acara konsolidasi, media massa diminta untuk tangkal pemberitaan hoax pada tahapan Pemilu 2024. Karena saat ini sudah memasuki tahapan masa kampanye.

Proses menuju Pemilu di Ogan Ilir dipersiapkan agar jangan sampai terjadi konflik yang berdampak pada kondusifitas di wilayah Caram Seguguk. Peran media massa sebagai pilar keempat demokrasi diminta turut berkontribusi terhadap kondusifitas dan keamanan selama tahapan Pemilu, apalagi saat banyak informasi berkembang kurang bagus dan belum tentu kebenarannya, maka peran media harus menangkal itu,” kata ketua Bawaslu Ogan Ilir (OI) Dewi pada kegiatan konsolidasi pengawasan tahapan kampanye yang diselenggarakan Bawaslu, Jumat (8/12/2023).

Berkaca pada Pemilu sebelumnya, informasi yang belum tentu kebenarannya apalagi hoax, sangat banyak muncul dan sulit disangkal kebenarannya.

Menurut Ketua Bawaslu OI, media massa menjadi saluran yang paling dipercaya sebagai asupan informasi, dibanding media sosial lainnya.

“Begitu ada informasi yang tidak benar, berita bohong, media punya tanggung jawab meluruskannya. Kesalahan informasi itu seketika dapat ditepis dengan berita yang valid, berimbang,” ucap Dewi.

Lanjutnya lagi, berdasarkan data Litbang Kompas, daerah Sumatera Selatan termasuk Ogan Ilir tidak termasuk dalam kategori yang rawan konflik. Namun percikan api konflik bisa saja terjadi, karena bisa dipicu oleh berita-berita hoax yang disebarkan secara terus-menerus tanpa ada penawar atau penangkal dari media massa

“Maka peran media massa dalam menangkal hoax pada Pemilu serentak tahun 2024 sangat penting, karena peran media selain menginformasikan, mencerdaskan, juga bisa mempengaruhi,” ucapnya. (Ry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here