Beranda Palembang Korem 044/Gapo Gelar Upacara Bulanan, Danrem: Musim Hujan, Jaga Keluarga Kita

Korem 044/Gapo Gelar Upacara Bulanan, Danrem: Musim Hujan, Jaga Keluarga Kita

38
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir S.Sos MM memimpin upacara bulanan di lapangan apel Makorem 044/Gapo Jalan Jenderal Sudirman Km. 4 Palembang, Senin (19/2/2024).

Pada upacara kali ini, Danrem membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

“Beberapa hari yang lalu bangsa Indonesia telah melaksanakan rangkaian pesta demokrasi Pemilu, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam keadaan aman. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS beserta keluarga besar TNI AD yang telah berpartisipasi dalam Pemilu dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan menghindari pelanggaran,” jelas dia.

“Kita tidak boleh terlena, karena tahapan Pemilu masih panjang sampai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang rencana dilaksanakan pada bulan Oktober. Sesuai dengan UU No. 34 Tahun 2004, TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional dengan rasa tanggung jawab terhadap keamanan untuk seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Kasad mengingatkan, pegang teguh netralitas TNI sebagai komitmen kita bersama. Jangan sampai terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi politik untuk menyeret dan melibatkan kita ke dalam politik praktis, terutama memecah belah bangsa. Optimalkan juga sinergitas dengan Polri serta semua komponen bangsa lainnya dalam menjamin kondusifitas dan keamanan.

“Untuk diketahui bersama, TNI telah meresmikan 1.898 titik sumber air di seluruh wilayah Indonesia. Kolaborasi dengan berbagai seluruh komponen bangsa tersebut dalam program TNI AD Manunggal Air guna mendukung ketersediaan air bersih bagi warga masyarakat Indonesia yang wilayahnya masih kekurangan air bersih,” tambahnya.

“TNI AD juga turut berperan aktif dalam pelestarian alam. Dalam hal ini telah dilakukan berbagai macam kegiatan diantaranya rehabilitasi kawasan hutan, pembersihan sampah secara masif diberbagai fasilitas umum, serta penanaman pohon keras di lahan gundul. Ini adalah wujud nyata TNI AD untuk menjaga kerusakan lingkungan. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AD agar terus menggelorakan kepedulian terhadap lingkungan dan aktif dalam pelestarian alam sekitar,” imbau Kasad.

Mengakhiri amanatnya, Kasad berpesan, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas. Sikapi secara cerdas perkembangan situasi dilingkungan sekitar kita. Lapor cepat apabila menghadapi permasalahan dan bijak dalam mengambil keputusan di era digital yang serba cepat.

“Syukuri apa yang telah negara berikan kepada kita, jaga nama baik kita, jaga tugas tanggung jawab kita, karena hal ini akan membuat kita menjadi semakin besar dan semakin baik dalam semua hal, sehingga TNI AD akan semakin maju kedepannya,” tutup Kasad.

Pada kesempatan yang sama, Danrem mengucapkan Alhamdulillah pengamanan Pemilu sampai saat ini berjalan dengan baik. Hal-hal menonjol dapat diatasi dengan baik pula. Ini merupakan kerja sama kita semua, dalam rangka menyukseskan rangkaian Pemilu.

“Seperti yang disampaikan Kasad, rangkaian Pemilu masih panjang sampai nanti pelantikan di bulan Oktober. Tetap jaga komitmen netralitas, kita juga masih disiapkan, apabila diminta bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya diantisipasi, sekarang musim hujan, saat hujan deras kemungkinan terjadi pohon tumbang. Jaga keselamatan keluarga kita, anak-anak kita, jika hujan deras, lebih baik berhenti sampai hujan reda kembali,” pesan Danrem kepada peserta upacara.

“Cek kabel-kabel di rumah yang mulai rusak, segera ganti. Kita antisipasi apabila terkena tetesan air, menimbulkan korsleting listrik dan terjadi kebakaran,” pungkas dia. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here