Beranda Musi Rawas Utara Gubernur Sumsel Resmi Buka Festival Danau Rayo ke-IV

Gubernur Sumsel Resmi Buka Festival Danau Rayo ke-IV

121
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Hamkam)

Muratara, Beritakajang.com – Festival Danau Rayo ke-IV tahun 2023 resmi dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru (HD), Selasa (26/9/2023).

Festival ini dilaksanakan di kawasan objek wisata Danau Rayo di Desa Sungai Jerni Kecamatan Rupit yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat mulai dari tanggal 26 sampai 29 September 2023.

Salah satu daya tarik utama dari Festival Danau Rayo ke-IV adalah berbagai kegiatan menarik yang disajikan, seperti Lomba Biduk, Festival Kuliner Sedekah Ramo, Festival Lagu Daerah/Melayu, Lomba Tari Daerah, Lomba Mewarnai Destinasi Wisata Danau Rayo, Pagelaran Seni dan Budaya, Pameran UMKM serta Motor Trip Adventure.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, ia nyatakan Festival Danau Rayo ke-IV resmi dibuka.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini saya masih dapat hadir untuk membuka kembali Festival Danau Rayo yang ke-IV, yang menjadi ikon bagi wisata di Kabupaten Muratara dengan sekian banyak legenda yang terkandung di dalamnya, bahwa itu adalah sebuah kearifan lokal yang harus kita pertahankan secara bersama-sama,” jelas dia.

Menurut HD, bila objek wisata Danau Rayo dikelola dengan baik tentu akan menjadi salah satu benteng dan sumber perekonomian bagi masyarakat sekitar.

“Pada sektor perekonomian akan meningkat, jasa transportasi seperti tukang ojek, angkutan umum akan sangat dibutuhkan, termasuk juga homestay dan penginapan. Dan ini akan meningkatnya pendapatan asli daerah Kabupaten Muratara,” kata dia.

Maka dari itu, lanjut dia, Pemkab Muratara agar mengkondisikan pendanaan untuk mengembangkan potensi objek wisata yang menjadi icon Muratara ini.

“Sebab Danau Rayo ini adalah danau yang sangat bagus, jadikan ini sebagai wisata unggulan di Kabupaten Muratara,” tambah dia.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Muratara H. Inayatullah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang sudah meresmikan Festival Danau Rayo serta masuk dalam kalender agenda tahunan tingkat Pemprov Sumsel.

“Dengan adanya Festival Danau Rayo ini mampu menyedot para wisatawan untuk datang ke Danau Rayo, sehingga Muratara semakin dikenal di luar daerah,” ujar Wabup. (Hkm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here