Beranda Penukal Abab Lematang Ilir Antisipasi Laju Inflasi, Pemkab PALI Adakan Pasar Murah di Talang Ubi

Antisipasi Laju Inflasi, Pemkab PALI Adakan Pasar Murah di Talang Ubi

147
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

PALI, Beritakajang.com – Harga beras kualitas premium di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini sudah menyentuh angka Rp15.000 per kilogram. Namun berkat Bupati Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM, beras kualitas baik itu dipangkas harganya menjadi Rp 9.400 per kilogram.

Hal itu diketahui saat Bupati Heri Amalindo membuka pasar murah yang digelar Pemkab PALI melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pada Selasa (5/9/2023), bertempat di halaman Kantor Lurah Talang Ubi Selatan.

Pada gelaran pasar murah yang dibuka Bupati Heri Amalindo, harga beras premium dengan berat 5 kilogram, masyarakat hanya mengeluarkan Rp 47.000, yang artinya harga perkilogram hanya Rp9.400.

Bukan hanya beras yang disiapkan Pemkab PALI, namun ada juga jenis bahan pokok yang bisa ditebus masyarakat dengan murah karena telah disubsidi pemerintah.

Jenis bahan pokok tersebut sekaligus beras yakni minyak goreng seberat 2 Kg, tepung terigu 1 Kg, gula putih 1 Kg dan mie instan 5 bungkus. Semua jenis bahan pokok berupa paket termasuk beras tersebut bisa dibawa pulang masyarakat hanya dengan Rp 90.000 saat pasar murah digelar. Tentu saja, dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat pun antusias mendatangi lokasi digelarnya pasar murah.

“Antisipasi laju inflasi, kita gelar pasar murah dalam membantu masyarakat di Kecamatan Talang Ubi dalam menyediakan bahan pokok dan menstabilkan harga bahan pangan di PALI,” ungkap Bupati.

Dikemukakan Bupati, bahwa dalam menjaga ketersediaan bahan pokok bukan pekerjaan mudah. Untuk menjaga hal itu, pemkab melalui Disdagperin terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi.

“Menjaga keseimbangan antara barang dan kebutuhan bukan pekerjaan enteng, perlu adanya koordinasi yang terus dilakukan sehingga kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok tetap terpenuhi,” tukas Heri Amalindo yang telah menyatakan kesiapannya maju sebagai calon Gubernur Sumsel pada Pilkada 2024 mendatang.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten PALI Brisvo Diansyah menerangkan, pada gelaran pasar murah kali ini pihaknya menyiapkan 10.400 paket sembako.

“Untuk pasar murah kali ini kita fokuskan terlebih dahulu di 6 kelurahan. Untuk jumlahnya ada 10.400 paket. Harga grosir paket sembako yang kita siapkan ini Rp 141.000, tetapi setelah disubsidi menjadi Rp 90.000,” terangnya. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here