Beranda Palembang Jelang Ramadhan, Baznas Kota Palembang Siapkan Program Selama Bulan Puasa

Jelang Ramadhan, Baznas Kota Palembang Siapkan Program Selama Bulan Puasa

132
0
BERBAGI
Kepala Baznas Kota Palembang Kgs M. Ridwan Nawawi saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (22/2/2023). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Jelang Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang telah mempersiapkan beberapa program yang akan dilaksanakan pada saat menyambut bulan puasa.

Saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kepala Baznas Kota Palembang Kgs. M. Ridwan Nawawi menyampaikan, Insya Allah jelang Ramadhan bulan depan pihaknya akan mengadakan Baznas Award.

“Baznas Award akan diberikan kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan Musholah serta organisasi perangkat daerah (OPD) kecamatan-kecamatan yang telah berhasil mengumpulkan dana zakatnya paling banyak. Dengan capaian inilah kita akan memberikan penghargaan. Tentu penghargaan ini sendiri berupa sertifikat atau tropi kepada camat-camat, dinas-dinas yang mengumpulkan paling banyak,” kata Ridwan, Rabu (22/2/2023).

Lanjut Ridwan mengatakan, disamping itu juga Baznas Kota Palembang akan mengadakan perekrutan Duta Zakat, dan yang akan diterima sebanyak 15 orang saja.

Ia juga menjelaskan, dari ke 15 orang ini nanti akan bekerja selama bulan suci Ramadhan saja, serta ditugaskan di konter-konter boot. Baik itu di bandara, mall, kantor pos, pasar, yang merupakan tempat-tempat keramaian. Mereka akan menerima orang-orang yang mau berzakat maal maupun zakat fitrah. Sedangkan yang lainnya akan ditugaskan menemui orang-orang kaya yang ada di Kota Palembang.

“Target untuk di tahun sebelumnya, Alhamdulillah ada peningkatan hingga 100 persen dibanding bulan-bulan biasa. Kalau di hari-hari biasa hanya mencapai Rp 200 juta hingga Rp 300 juta, dan untuk di tahun kemarin dari hasil penghimpunan bisa mencapai Rp 600 juta, sedangkan untuk Ramadhan di tahun ini target kita harus Rp 1 miliar,” jelasnya.

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan, pihaknya juga akan tetap membagikan paket sembako di bulan suci Ramadhan nanti yang diberi nama Senyum Duafa. Yang akan memberikan kepala dinas

“Jadi, kepala dinas inilah yang nanti akan memberikan kepada orang-orang yang kurang mampu yang ada di sekitaran mereka,” tambah dia.

“Kita juga mengevaluasi, apa kekurangan-kekurangan kita di tahun kemarin. Baik itu pendekatan kepada dinas-dinas, orang-orang kaya yang mungkin selama ini mereka belum kenal Baznas. Mudah-mudahan dengan semakin banyak program yang kita laksanakan, semakin yakin dan percaya untuk menyampaikan zakatnya ke Baznas,” pungkas dia. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here