Beranda Ogan Komering Ilir Polsek Cengal Rutin Cek Debit Air Saat Hujan Turun

Polsek Cengal Rutin Cek Debit Air Saat Hujan Turun

47
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Intensitas curah hujan akhir-akhir ini terus meningkat sehingga menyebabkan kekhawatiran banyak pihak akan bahaya banjir mengancam, terutama di daerah dataran rendah dan bantaran sungai. Hal itulah yang menjadi perhatian serius Polsek Cengal Polres OKI Polda Sumsel.

Dijelaskan Kapolres OKI AKBP Hendrawan SH SIK didampingi Kasi Humas IPTU Hendi melalui Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana SH, bahwa setiap kali turun hujan, personel Bhabinkamtibmas secara rutin mengecek dan memastikan jika curah hujan yang terjadi tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Setiap daerah yang dinilai rawan bencana hujan setelah diguyur hujan deras selalu dicek dan dipantau setiap harinya. Apakah debit air tinggi dan mengakibatkan banjir atau pun dampak lainnya yang membahayakan,” kata dia, Selasa (16/1/2024).

Bagi daerah yang sulit dijangkau atau terjauh, lanjut dia, maka personel menghubungi para kadesnya untuk update kondisi terkini debit air tersebut.

“Untuk saat ini, debit air meningkat antara 20-30 centimeter dari biasanya akibat curah hujan. Begitu juga di Sungai Desa Cengal,” tambah dia.

Masyarakat diimbau untuk waspada dan berhati-hati di musim penghujan saat ini, terutama yang tinggal di bantaran sungai jangan sampai curah hujan justru menjadi petaka. Karena musim hujan juga berdampak bagi kesehatan, yakni meningkatnya perkembangan kasus demam berdarah.

“Dimana nyamuk penyebab demam berdarah akan mudah berkembang biak di musim penghujan sehingga hal itu juga harus menjadi perhatian serius masyarakat agar tidak terjangkit penyakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk tersebut,” pungkas dia. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here