Beranda Palembang Potensi Terjadinya Cuaca Ekstrem di Palembang Mulai Menurun

Potensi Terjadinya Cuaca Ekstrem di Palembang Mulai Menurun

144
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Cuaca ekstrem merupakan fenomena alam yang tidak normal dan tidak lazim. Ditandai kondisi curah hujan, arah dan kecepatan angin, suhu udara, kelembaban udara, dan jarak pandang yang dapat mengakibatkan kerugian, terutama keselamatan jiwa dan harta.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang Sinta Andayani mengatakan, potensi cuaca ekstrem berkurang namun masih ada.

“Untuk cuaca ekstrim masih ada potensinya, namun intensitasnya sudah mulai menurun dibanding pekan lalu,” katanya, Selasa (18/7/2023).

Perubahan iklim global menjadi salah satu faktor utama yang berkontribusi pada terjadinya cuaca ekstrem. Namun, tindakan mitigasi yang diambil untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dapat membantu memperlambat perubahan iklim.

Upaya untuk menggantikan sumber energi fosil dengan energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang berperan dalam perubahan iklim. Penurunan emisi dapat membantu mengurangi intensitas cuaca ekstrem seperti badai, banjir, dan kekeringan.

Sinta menuturkan, Kota Palembang tetap ada potensi hujan pada beberapa hari kedepan.

“Potensi hujan untuk beberapa hari ke depan umumnya ringan hingga sedang, lokal dan berdurasi singkat (sporadis),” tukasnya. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here