Beranda Musi Rawas Utara Bupati Muratara Launching Program BPJS Ketenagakerjaan

Bupati Muratara Launching Program BPJS Ketenagakerjaan

137
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Hamkam)

Muratara, Beritakajang.com – Bupati Muratara H. Devi Suhartoni (HDS) bersama BPJS Ketenagakerjaan launching program perlindungan jaminan sosial bagi 100 orang pekerja rentan dilingkungan Desa dalam Kecamatan Karang Jaya, Selasa (16/5/2023).

Kegiatan berlokasi di balai kantor Kecamatan Karang Jaya tersebut dihadiri Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Lubuklinggau Nurhidayati, Camat Karang Jaya Zulyan, perwakilan Polsek, seluruh kades di Kecamatan Karang Jaya, unsur Forkompimda Muratara serta masyarakat lainnya.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Lubuklinggau Nurhidayati menerangkan bahwa program jaminan sosial ketenagakerjaan yang pihaknya bagikan kepada peserta dilingkungan desa ini teruntuk petani, buruh, pedagang, tukang ojek maupun pekerjaan lainnya.

“Bertujuan untuk menjamin hak-hak dasar para pekerja/buruh dan menjamin kesempatan serta menghindarkan dari perlakuan diskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja,” jelas Nurhidayati.

Adapun masyarakat harus memahami bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program jaminan sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP)

“Dari kriteria program tersebut, kami dari BPJS tidak menentukan limit dalam hal pendaftaran apapun. Artinya BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi dan mengenai iuran itu ditanggung peserta atau pemerintah desa itu sendiri,” jelasnya.

Sementara, Bupati Muratara H. Devi Suhartoni mengatakan, program dari BPJS Ketenagakerjaan ini adalah sebagai bentuk untuk membantu masyarakat desa yang sedang bekerja mengalami musibah.

“Tidak sampai disitu, manfaat lainnya seperti Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kabupaten Muratara bisa mendapatkannya,” ujar dia.

“Pesan saya kepada peserta penerima manfaat, haruslah banyak bersyukur, dengan harapan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan ini dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkas dia. (Hkm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here