Beranda Banyuasin Rumah Tak Layak Huni Dibangun Gotong-royong Bersama Ketua BPD dan Warga Desa...

Rumah Tak Layak Huni Dibangun Gotong-royong Bersama Ketua BPD dan Warga Desa Lubuk Saung

931
0
BERBAGI
Rumah reot hampir roboh dibangun dengan gotong-royong oleh Ketua BPD Desa Lubuk Saung. [Sumber Foto : Beritakajang.com/Ida Lela]

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Kepedulian masyarakat terhadap warga di RT 01 Dusun 01 Desa Lubuk Saung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin patut diacungi jempol.

Usulan Ketua BPD setempat dan inisiatif masyarakat guna membedah rumah warga sebelum pencairan dana desa [DD] dilakukan pada Jumat (3/9).

Rumah yang dimaksud adalah milik Bapak Senen Kecik (70), dibangun lebih kurang 35 tahun lalu. Jika tidak segera diperbaiki, rumah itu dikhawatirkan dapat membawa malapetaka, lantaran bangunannya sudah banyak yang rapuh.

“Bedah rumah ini dilakukan sifatnya sementara. Sekitar jam 8 pagi kita mulai. Alhamdulilah, masyarakat sangat antusias dalam membantu memperbaiki rumah Bapak Senen Kecik,” ujar warga setempat, Abdul Roni.

Senin Kecik saat diwancarai saya berterima kasih kepada Ketua BPD Lubuk Saung, masyarakat, sanak saudara atas kepeduliannya terhadap rumahnya.

“Berkat bantuan ini saya bisa tenang untuk berteduh, dan melakukan kegiatan sehari-hari,” katanya.

Sementara, Ketua BPD Lubuk Saung Heriyadi menyampikan, gotong-royong pembuatan rumah warga RT 01 Dusun 01 yang dipelopori BPD, memberikan bantuan material berupa kayu dan papan.

“Kami sangat prihatin melihat rumah Yek Nen (panggilan Pak Senin Kecil) yang hampir roboh ini. Maka kami bersama warga bergotong-royong membangun rumah sementara. Dari tahun 2020 lalu kami sudah ajukan ke pemdes untuk dibedah dari dana desa program rumah tak layak huni (RTLH), dengan syarat melengkapi surat SPH / sertifikat tanah di RKPDes tahun 2021,” jelasnya.

Ditambahkan Heri, melalaui BPD perwakilan Dusun 1 Bapak Darwin dan Suba’i, akhirnya rumah PAK SENIN disetujui untuk dibedah. Tapi sampai saat ini dana desa yang akan dipergunakan untuk biaya pembangunan belum turun.

“Kami harapkan masyarakat yang telah didata sebagai penerima RTLH diharap dapat bersabar, mudah-mudahan di akhir tahun ini bisa selesai semua. Mari kita jaga persatuan, kekompakan jiwa gotong-royong untuk meringankan beban saudara kita, khususnya warga Lubuk Saungm” tutup Heriyadi.(Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here