Beranda Palembang Meski Diguyur Hujan, Ratu Dewa Tetap Semangat Bagikan Paket Sembako ke Warga...

Meski Diguyur Hujan, Ratu Dewa Tetap Semangat Bagikan Paket Sembako ke Warga Terdampak Banjir

54
0
BERBAGI
Pj. Walikota Palembang Ratu Dewa sambangi warga di Lorong Prajurit Nangyu Kelurahan 3-4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I, Selasa (30/1/2024). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Meski diguyur hujan gerimis menyertai, tidak menyurutkan langkah dan semangat Penjabat (Pj) Walikota Palembang Ratu Dewa untuk membagikan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak banjir di Lorong Prajurit Nangyu Kelurahan 3-4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I, Selasa (30/1/2024).

Ratu Dewa mengatakan, hari ini dirinya sengaja turun langsung ke lokasi banjir agar bisa merasakan apa yang saat ini dirasakan oleh warga yang tertimpa kesulitan, serta langsung membantu warga.

“Karena saya ingin merasakan bagaimana kalau ini di kondisi kita, suasana batin psikologi ini kita tempatkan didiri kita,” ujarnya.

Dari hasil pantauan kali ini tampak terlihat dari pantauan, dimana untuk ketinggian genangan air mencapai lutut orang dewasa. Satu persatu rumah warga yang terdampak didatangi Ratu Dewa sambil menyerahkan bantuan.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan kali ini juga orang nomor satu di Kota Palembang ini berbincang secara langsung sembari mendengarkan keluhan dari warga sekitar yang terdampak banjir.

Ratu Dewa juga mengungkapkan, sebanyak 30 kelurahan terdampak banjir yang tersebar di 13 kecamatan. Meski demikian, lanjut Ratu Dewa menjelaskan, untuk hari ini ketinggian air sedikit lebih surut dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Meski demikian, dirinya tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada.

“Berdasarkan data dari BMKG air pasang naik sejak 3 hari yang lalu, ditambah lagi dengan air hujan serta kiriman dari Sungai Lematang, Ogan ke Palembang dan ini yang perlu diantisipasi,” jelasnya.

Dalam hal ini juga, Ratu Dewa sudah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun para camat agar dapat turun langsung ke lapangan guna membantu warga yang terdampak banjir. Terlebih lagi memang ada warga yang sudah tidak bisa tidur di rumahnya masing-masing.

“Ketika saya kunjungan di Kecamatan Kertapati, dibeberapa kelurahan disana saya langsung perintahkan Dinas Sosial untuk membuat dapur umum, sehingga kita yang proaktif jangan sampai masyarakat mengeluh. Dan hari ini juga saya turut membagikan sembako ataupun beras pada warga,” bebernya.

Berdasarkan hasil laporan yang telah diterima, Ratu Dewa menjelaskan ada sekitar 800 warga yang terdampak banjir di Lorong Prajurit Nangyu Kelurahan 3-4 Ulu. Namun ada juga sebagian yang sudah surut.

Terkait adanya prediksi banjir di kemudian hari, Ratu Dewa telah memerintahkan Dinas Sosial untuk proaktif dan secara sigap agar dapat membuat dapur umum bagi warga.

“Termasuk Dinas Kesehatan sudah saya minta untuk membuat posko datangi warga, setelah mendapat laporan dari para lurah dan camat para petugas Puskesmas kita harus datang, apalagi kalau ada lansia yang sakit saya minta langsung dibawa ke rumah sakit,” tutupnya.

Setelah meninjau dan membagikan bantuan di Kelurahan 3-4 Ulu, Pj. Walikota Ratu Dewa bersama jajaran langsung mengecek posko di Kelurahan 28 Ilir Kecamatan Ilir Barat II.

Di lokasi itu sebanyak 52 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir, juga diberikan sejumlah bantuan. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here