Beranda Penukal Abab Lematang Ilir Wabup PALI Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir di Tanah Abang

Wabup PALI Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir di Tanah Abang

43
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

PALI, Beritakajang.com – Wakil Bupati PALI Drs. H. Soemarjono melaksanakan kunjungan ke wilayah Kecamatan Tanah Abang sebagai respons terhadap luapan air Sungai Lematang yang menyebabkan banjir, Selasa (16/1/2024).

Dalam upaya meninjau lokasi terdampak banjir dan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada warga, kunjungan ini menunjukkan sikap tanggap dan kepedulian pemerintah.

Kegiatan dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Kepala BPBD PALI A. Hidayat ST MM, Kapolsek Tanah Abang AKP Darmawansyah SH MH, Camat Tanah Abang diwakili Sekcam Tanah Abang Darmawan SH, dan perwakilan lainnya.

Selanjutnya, Wabup didampingi unsur Forkompinda menyambangi warga di desa-desa yang terdampak luapan debit air Sungai Lematang, lalu kemudian memberikan bantuan sembako kepada warga.

Adapun desa yang mendapatkan bantuan meliputi Tanah Abang Utara, Tanah Abang Selatan, dan Bumi Ayu.

Sementara Kapolsek Tanah Abang AKP Darmawansyah SH MH beserta personil monitoring dan patroli pengecekan debit air.

“Bila terjadi hujan dengan intensitas semakin tinggi, tidak menutup kemungkinan sebelas desa yang berada di pinggiran Sungai Lematang dan Sungai Perayun (aliran anak Sungai Lematang) dalam wilayah Tanah Abang, debit air akan semakin dalam,” ujar Kapolsek Tanah Abang.

“Kunjungan Wakil Bupati guna menunjukkan rasa empati kepada masyarakat yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI,” ucapnya.

Kapolsek juga menyampaikan, kemungkinan masih ada warga yang belum menerima bantuan sosial, serta potensi kesalahan dalam penyaluran.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara Polres, Pemkab PALI, dan instansi terkait untuk memastikan distribusi bantuan sosial tepat sasaran,” ungkap AKP Darmawansyah.

Kapolsek merekomendasikan agar tim kesehatan diterjunkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir.

“Dalam hal ini, koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten PALI dan Puskesmas Tanah Abang diharapkan dapat memastikan distribusi obat-obatan yang diperlukan,” tuturnya.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan. adapun posko banjir di Desa Curup menjadi pusat koordinasi yang melibatkan BPBD PALI, Kecamatan Tanah Abang, Polsek Tanah Abang, dan Puskesmas Tanah Abang.

“Dengan adanya langkah-langkah respons cepat dan kolaborasi antar instansi, diharapkan dampak buruk banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang dapat dikelola dengan efektif, sementara masyarakat yang terdampak mendapatkan bantuan dan perhatian yang cukup,” pungkasnya. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here