Beranda Muratara Pemkab Muratara Laksanakan penyusunan RKPD dan RPJPD Tahun 2025

Pemkab Muratara Laksanakan penyusunan RKPD dan RPJPD Tahun 2025

18
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang/Hamkam)
Muratara,Beritakajang.com – Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Badan Perencanaan pembangunan daerah melakukan  musyawarah perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Musi Rawas Utara dalam rangka  penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD),Senin  29 April 2024.
Dengan Tema : terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur dan tata kelola pemerintahan,-
Kepala Bappeda Kabupaten Muratara, Amrullah mengatakan hari ini kita Pemkab Muratara melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Musi Rawas Utara dalam rangka  penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) .
Hal ini berguna dalam rangka tersusunnya visi-misi , sarana pembangunan daerah dan program yang benar-benar prioritas terpadu dan terarah dengan tugas pokok dan fungsi kewenangan, Meningkatkan kererpaduan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan antara Kabupaten/Kota, provinsi dan pemerintah pusat.
Selain itu, tersusunnya program koordinasi, integritas, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan merupakan kelanjutan dari hasil Musrenbang desa/kelurahan , mesrenbang kecamatan, forum opd, dan pra Musrenbang yang merupakan forum sinkronisasi antara usulan prioritas kecamatan dengan renja opd, sehingga .
Tersusunnya program dan kegiatan yang benar-benar prioritas, terpadu, dan terarah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan opd disamping itu.
Dilanjutkan, Amrullah tahapan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun rencangan RPJPD tahun 2025-2045 :
Menyusun rancangan awal RPJPD kabupaten Muratara, pembahasan rancangan awal RPJPD bersama perakat daerah untuk memperoleh masukan dan saran sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah dan Forum konsultasi publik RPJPD.
Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Muratara, H.Devi Suhartoni menyampaikan Musrenbang memiliki arti yang sangat penting karena selain sebagai wadah penyampaian aspirasi masyarakat, juga merupakan forum koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan dan program pembangunan daerah untuk tahun 2025.
“Hasil Musrenbang tingkat Kabupaten Muratara yang kita laksanakan hari ini merupakan dasar yang sangat utama dalam rangka menyusun RKPD untuk periode 1 tahun ke depan, khususnya dengan mengoptimalkan ketersediaan dan pemanfaatan sarana, prasarana, dan teknologi, yang selanjutnya sebagai pedoman penyusunan RAPBD Kabupaten Melawi Tahun 2025”, ungkapnya.
Lebih lanjut, Bupati mengatakan fokus rencana kerja pemerintah daerah pada tahun 2025-2045 adalah penguatan pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan, peningkatan pelayanan dasar masyarakat, pembangunan infrastruktur dasar, dan peningkatan kapabilitas sumber daya aparatur menuju Good Goverment (Hamkam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here