Beranda Palembang Bolu ‘Jadul’ Kembali Eksis Ditengah Masyarakat Kota Palembang

Bolu ‘Jadul’ Kembali Eksis Ditengah Masyarakat Kota Palembang

93
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Budaya Sumatera Selatan amat sangat menarik, mulai dari tempat wisata yang ramai nyaman, sampai berbagai makanan yang unik.

Kota Palembang juga dikenal sebagai wisata makanan. Berbagai macam makanan yang dapat menggoyang lidah tersaji di Kota Palembang. Salah satunya bolu ‘jadul’ alias zaman dulu,

Bolu jadul marmer kini kembali eksis. Selain banyak yang remake, kini jadi ladang usaha.

Dikatakan oleh owner Manda Cake, Manda Uca, bahwa bolu jadul ini beberapa waktu belakangan kembali eksis, termasuk di media sosial.

“Sejak Covid-19, pada masa lebaran Idul Fitri kita coba membuat lagi, kemudian banyak yang order untuk lebaran dan hantaran pernikahan,” katanya, Ahad (3/12/2023).

Bolu yang menolak punah ditengah perkembangan zaman ini punya ciri khas dari kelembutan, manis legit dengan sedikit gurih, sehingga tidak membuat cepat bosan saat mengonsumsinya.

Dengan cita rasa yang khas sejak zaman dulunya, wajar saja jika dalam sehari terjual 50 loyang kue jadul untuk ukuran 20 x 20.

“Harganya mulai Rp 35.000. Jika ingin bolu marmer jadul ini bisa diorder di 082183545554, Instagram manda_cake.palembang atau datang langsung ke outlet di Talang Ratu KM 5,” jelasnya.

Jika sedang ingin ‘back to basic’ dengan cara membuatnya sendiri di rumah, anda bisa mengikuti bahan dan cara berikut ini.

Bahan:

  • Telur 4 butir
  • 200 gram gula pasir
  • 250 tepung terigu
  • Susu 1 sachet
  • Margarin 200 gram

Cara membuatnya:

  1. Untuk satu loyang bolu dibutuhkan 200 gram gula yang dikocok dengan 4 butir telur.
  2. Setelah mengembang tambahkan 250 gram tepung terigu secara bertahap lalu aduk menggunakan spatula.
  3. Masukkan susu kental manis 1 sachet dan margarin cair 200 gram. Setelah tercampur, bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian original, satu bagian ditambah dengan coklat
  4. Adonan original dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang, lalu adonan coklat, terus ulangi sampai terlihat corak marmer.
  5. Adonan lalu dipanggang di dalam oven hingga matang. Bolu Marmer Jadul siap dinikmati dengan secangkir teh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here