Beranda Penukal Abab Lematang Ilir PPL PALI Apriengga Raih Inovator Terbaik Pertama di Sumsel

PPL PALI Apriengga Raih Inovator Terbaik Pertama di Sumsel

141
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

PALI, Beritakajang.com – Apriengga SP selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berhasil dinobatkan menjadi inovator terbaik pertama di Provinsi Sumatera Selatan kategori penyuluh bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Penganugerahan sebagai inovator terhadap Engga, sapaan keseharian pria yang bekerja sebagai PPL di wilayah Kecamatan Tanah Abang tersebut, diberikan langsung Gubernur Sumatera Selatan, bertempat di Griya Agung Palembang, Jumat (22/9/2023).

Atas prestasi tersebut, lagi-lagi nama PALI dibawah pimpinan Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM semakin dikenal luas dan tak lagi dipandang sebelah mata, meskipun PALI usianya masih seumur jagung.

“Penghargaan ini bukan milik saya pribadi, tetapi milik masyarakat PALI. Dan atas diraihnya penghargaan ini berkat dukungan masyarakat, terutama Pak Bupati PALI Heri Amalindo,” ucap Engga setelah acara penganugerahan Inovator Sumsel tahun 2023.

Ditambahkan Engga, bahwa atas capaian tersebut menjadi pemacu bagi dirinya untuk terus melakukan inovasi untuk mendukung pembangunan di Kabupaten PALI.

“Penghargaan ini tidak serta merta membuat saya berbesar hati, namun menjadi penambah semangat saya untuk berinovasi. Saya juga berharap kedepan ada banyak warga PALI lainnya yang bisa menjadi inovator terbaik di tingkat provinsi, bahkan tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda PALI Khairiman menyebut, bahwa Engga telah melakukan terobosan di bidang penyuluh pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

“Penganugerahan tersebut setelah melalui beberapa tahapan yang dilakukan Balitbangda Sumsel dengan tim juri independen profesional dari beberapa instansi. Penghargaan ini tentu menjadi kebanggaan masyarakat PALI,” terang Khairiman.

Untuk inovasi yang diinisiasi Engga, dikemukakan Khairiman adalah Syirkah Supper (Solusi Permodalan Petani Berkah). “Inovasi itu merupakan suatu konsep kemitraan dalam usaha tani yang memadukan antara aspek manajemen agribisnis dengan aspek spiritual,” jabarnya.

Diketahui bahwa penganugerahan inovator tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang telah melakukan seleksi penerima penghargaan inovator tahun 2023 dengan 16 kategori. Dari seleksi tersebut, tim juri telah menjaring 87 inovator yang mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan.

Pada acara penganugerahan tersebut, hadir Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemkab PALI Dra Yenni Nopriani yang mewakili Bupati Heri Amalindo, Kepala Balitbangda PALI Khairiman serta penerima penghargaan, Epriengga.

Selain Engga yang mendapat anugerah inovator terbaik pertama kategori penyuluh bidang pertanian, juga dari kategori petani inovatif petani asal Rejosari Kelurahan Talang Ubi Utara meraih inovator terbaik harapan dua. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here