Beranda Asahan Jelang Idul Adha, Dinas PKH Asahan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Dinas PKH Asahan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

146
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Asahan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dipusatkan di alun-alun Kota Kisaran, Rabu (28/6/2023).

Kepala Dinas PKH Asahan Drh. Yusnani mengatakan, tujuan dari pemeriksaan hewan kurban tersebut adalah untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat.

“Jika hewan kurban mengalami gejala LSD (lumpy Skin disease) atau penyakit kulit berbenjolan, itu dinyatakan cacat, dan tidak dibenarkan untuk dijadikan hewan kurban,” ujar Yusnani.

Terpisah, Bupati Asahan H. Surya B.Sc melalui Plh. Kadis Kominfo Arbin Ariadi Tanjung menyampaikan bahwa Pemkab Asahan akan terus memantau kondisi kesehatan hewan yang akan dikurbankan dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini.

Dirinya menambahkan, sesuai instruksi Bupati Asahan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban telah dilakukan di seluruh kecamatan se-Asahan.

“Hingga pukul 18.24 WIB, jumlah hewan kurban yang telah melalui proses pemeriksaan kesehatan di Kabupaten Asahan sebanyak 1.506 ekor dengan rincian domba 22 ekor, kambing 56 ekor, sapi 1.424 ekor dan kerbau 4 ekor serta jumlah surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang diterbitkan sebanyak 410 surat,” ujar Arbin.

Lanjut Arbin, jumlah hewan yang telah melalui proses pemeriksaan kesehatan tersebut juga termasuk hewan kurban yang akan disembelih di alun-alun Kota Kisaran.

“Tahun ini pelaksanaan ibadah kurban Pemkab Asahan akan dipusatkan di alun-alun Kota Kisaran dengan rincian hewan kurban yakni 95 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Semuanya juga telah melalui proses pemeriksaan kesehatan,” ungkap Arbin.

Menutup keterangannya, Arbin sampaikan bahwa jumlah hewan yang telah diperiksa masih akan bertambah, mengingat petugas masih melakukan pemeriksaan di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Asahan.

“Bupati berharap melalui pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pelaksanaan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Arbin. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here