Beranda Palembang Devi Suhartoni Resmi Jabat Ketua Harian DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Sumsel

Devi Suhartoni Resmi Jabat Ketua Harian DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Sumsel

68
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) H. Devi Suhartoni resmi dilantik sebagai Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel masa bhakti tahun 2022-2027, bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (1/6/2023).

“Alhamdulillah, kami dengan 70 orang DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel resmi dilantik,” kata Devi Suhartoni didampingi Sekretaris Joko Bagus SH MH.

Devi Suhartoni mengatakan, untuk program yang akan diterapkan di DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel yakni pengembangan koperasi, UMKM, belajar Jawa halus kasar, budaya, menguasai bahasa Inggris sangat cepat serta program lainnya.

Sedangkan program lainnya, dirinya berencanakan setelah pelantikan ini nanti akan melantik ke kabupaten atau kota di Sumsel.

“Kedepan akan dibentuk pengurusan DPD bahkan sampai ke kecamatan. Ini tujuannya untuk membuat komunitas yang saling asah, asih dan asuh dan sangat disadari banyak perantau yang sangat merindukan tanah Jawa,” ujar Devi.

Devi Suhartoni menambahkan, sejarah Pujakusuma awalnya paguyuban dibentuk dengan tujuan menjadi generasi penerus suku Jawa guna mempertahankan tradisi seni dan budaya dari pendahulu.

Menurut Devi Suhartoni, survei orang Jawa asli di Sumsel 32 persen dan orang Jawa sudah menikah dengan orang Sumsel ada 40 persen.

“Saya berharap kedepan untuk menciptakan generasi yang tak lupa sejarah, sebagai alat pemersatu tali silaturahmi ke sesama suku Jawa dan untuk meneguhkan eksistensi suku Jawa di Sumatera Selatan, hingga muncul intelektual dan birokrat yang menduduki posisi dipemerintahan,” ungkap Devi Suhartoni.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyambut baik dengan kegiatan acara tersebut.

“Saya berharap kedepan, Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma menjadi benteng bagi pertahanan adat istiadat dan kebudayaan di Sumsel yang berasal dari Pulau Jawa,” jelas Herman Deru. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here