Beranda Hukum & Kriminal Besi Penutup Bak Kontrol Dicuri, Dinas PUBM Sumsel Rugi Rp 90 Juta

Besi Penutup Bak Kontrol Dicuri, Dinas PUBM Sumsel Rugi Rp 90 Juta

174
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Anggota Pidum bersama Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang berhasil meringkus dua pelaku pencurian besi penutup bak kontrol (manhole cover) yang terpasang di trotoar Jalan Angkatan 45.

Pelaku M. Pendi (36) dan Novriansyah (34), keduanya merupakan warga Kelurahan 32 Ilir yang melakukan aksinya di Jalan Angkatan 45 Kecamatan Ilir Barat (IB) I Kota Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib melalui Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi mengatakan, korbannya merupakan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Tata Ruang (TR) Provinsi Sumsel yang kehilangan 45 buah penutup bak kontrol, dengan total nilai kerugian Rp 90 juta.

“Dari laporan korban, anggota kita melakukan penyelidikan. Hasilnya yang mengambil ini, salah satunya adalah dua pelaku yang kami amankan. Untuk saat ini masih kita dalami terkait adanya pelaku lain,” ujarnya, Selasa (6/9/2022).

Dirinya menuturkan, penutup bak yang terpasang itu berfungsi untuk mengatur aliran air agar tidak banjir dan pejalan kaki tidak terjatuh.

“Tutup itu sudah sering hilang dan diganti lagi oleh Dinas PU Bina Marga. Total sudah 45 yang hilang, dan diganti lagi oleh Dinas PU, karena itu fungsinya untuk mengendalikan banjir,” aku dia.

Sementara itu, pelaku Pendi mengatakan jika ia sudah delapan kali mencuri penutup bak kontrol di Jalan Angkatan 45 dengan menggunakan obeng dan palu untuk melepaskan besi penutup.

“Sudah delapan kali saya melakukan aksi itu, setiap beraksi ambil satu besi. Waktu mencuri saya berdua, teman saya Novriansyah yang tugasnya memantau situasi,” jelas Pendi.

Besi penutup itu ia jual seharga Rp 150 ribu per buah ke tempat penjual rongsokan.

“Satunya dapat Rp 150 ribu pak, untuk makan istri dan anak. Saya beraksi sore atau dini hari, kalau ada orang lewat pas saya lagi congkel besi, saya setop dulu,” tutupnya. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here