Beranda Palembang Ahmad Redi Terpilih Jadi Ketua Umum DPD IKAFH UNDIP Sumsel

Ahmad Redi Terpilih Jadi Ketua Umum DPD IKAFH UNDIP Sumsel

215
0
BERBAGI
Musyawarah daerah (musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (IKAFH UNDIP) Provinsi Sumatera Selatan berlangsung di Balroom Aryaduta Hotel Palembang, Sabtu (15/1). (Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Palembang, Beritakajang.com – Musyawarah daerah (musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (IKAFH UNDIP) Provinsi Sumatera Selatan berlangsung di Balroom Aryaduta Hotel Palembang, Sabtu (15/1).

Dalam musda tersebut, dr Ahmad Redi resmi terpilih dan dilantik langsung oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sebagai Ketua Umum DPD IKAFH UNDIP Sumsel.

“Ini pembentukan DPD pertama di Indonesia, nanti kami akan membentuk DPD IKAFH UNDIP Jateng, Kalsel dan DKI Jakarta,” kata Dr Ahmad Redi.

Ia berharap dengan pembentukan IKAFH UNDIP di Sumsel ini bisa memberikan pemanfaatan untuk masyarakat Sumsel.

“Kami banyak memiliki sumber daya seperti sumber daya pengetahuan, sumber daya materi, sumber daya jejaring yang bisa kami bantu distribusian ke seluruh komponen masyarakat di Sumsel,” ujarnya.

Adapun untuk program kerja yang akan dikerjakan dalam waktu dekat ini yakni 3 program kerja prioritas, antara lain alumni to alumni, alumni to campus, dan alumni to society.

“Jadi bagaimana DPD ini bisa memberikan pemanfaatan sesama alumni di Sumsel, kemudian ke almamater kami di UNDIP dan ketiga pada masyarakat di Sumsel,” katanya.

Untuk alumni UNDIP di Sumsel banyak yang bekerja sebagai hakim, jaksa, notaris, dosen, akademisi, pengusaha, maupun politisi.

“Sumber daya ini akan kami konsolidasi sehingga kemudian bisa memberikan pemanfaatan bagi masyarakat di Sumsel, ” ujarnya.

Anggota IKAFH UNDIP saat ini sudah ada sekitar 17 ribu alumni se-Indonesia, dan di Sumsel lebih dari 300 yang tersebar di 16 kabupaten / kota di Sumsel.

“Rakernas ini hanya ada 50 orang kami batasi karena prokes, tapi kami memang sudah mendata alumni alumni UNDIP di Sumsel,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) mengungkapkan bahwa pembentukan DPD IKAFH UNDIP Provinsi Sumsel ini merupakan sejarah pertama awal adanya di Indonesia.

“Bahkan ketua umum yang terpilih sudah mengagendakan membentuk 7 DPC dalam waktu dekat, artinya ini juga bisa menjadi sarana bagi para alumni-alumni fakultas hukum UNDIP yang ada di Sumsel,” ungkapnya.

“Untuk 7 DPC yang akan segera dibentuk yakni Kota Palembang, Ogan Ilir, Banyuasin, Prabumulih, Baturaja, Lubuklinggau, dan muara Enim. Karena alumni kita memang sudah tersebar di 7 kabupaten / kota tersebut, yang paling banyak di kejaksaan dan pengadilan,” jelasnya.

Untuk itu ia memberi masukan dan saran seperti yang disampaikan oleh Gubernur, bagaimana meningkatkan kesadaran hukum untuk masyarakat Palembang.

“Saya pikir ini menjadi tanggung jawab bersama yang kita amanatkan juga kepada ketua yang terpilih, untuk bareng bareng membangun kesadaran hukum di Palembang bersama Pemerintah Provinsi Sumsel,” pungkasnya. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here