Beranda Banyuasin Masuk Tahap Final, Pembentukan BLUD RS Pratama dan Puskesmas Banyuasin Bisa Mandiri

Masuk Tahap Final, Pembentukan BLUD RS Pratama dan Puskesmas Banyuasin Bisa Mandiri

424
0
BERBAGI
Suasana paparan dokumen pembentukan administrasi yang berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Banyuasin, Selasa (28/9). (Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Pangkalan Balai, Beritakajang com – Pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskemas dan Rumah Sakit Pratama Banyuasin telah memasuki tahapan final atau pemaparan implementasi kerja. Saat ini, paparan dokumen pembentukan administrasi berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Banyuasin, Selasa (28/9).

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya manusia Kabupaten Banyuasin Zazili Mustofa mengatakan, ada beberapa penilaian yang dilakukan dalam proses pembentukan BLUD ini.

“Ada 6 dokumen yang harus dinilai, diantaranya surat pernyataan kesanggupan, kelembagaan, prosedur kerja, pengelompokan fungsi akuntabikitas berbasis kerja, pengelolaan sumber daya manusia dan rencana strategis. Akan kita nilai layak atau tidak layak. Penilaian langsung dari Bagian Perekonomian dan Dinas Kesehatan. Hari ini kita mulai proses, melihat bobot nilai, jika di atas 60 nilainya, akan kita rekomendasi ke bupati untuk memiliki BLUD,” jelas dia.

Menurut Zazili, pembentukan BLUD ini bukan hanya bisa dilakukan di Dinkes saja, tetapi bisa jadi dibentuk pada organisasi perangkat daerah (OPD) lain, seperti Perpustakaan Daerah dan Dinas Tenaga Kerja juga.

“Dengan adanya menejemen BLUD, pihak Puskesmas atau rumah sakit bisa mengelola dan menata sendiri menejemen mereka, sehingga memajukan lembaga. Contohnya Puskemas, ada pengelolaan parkir untuk pemasukan, membuat ATM koordinasi dengan perbankan,” jelasnya.

Uang yang dihasilkan, lanjut Zazili, bisa menjadi pemasukan untuk pembangunan infrastruktur. Disini juga butuh orang yang mampu memimpin memajukan BLUD ini. Bagaimana mereka mempunyai inovasi untuk menghasilkan pemasukan sehingga mandiri dan meringankan pemerintah daerah.

“Masalah launching nanti, kita akan koordinasi dengan bupati dan wakil bupati, karena BLUD ini sudah bicara anggaran sendiri, kita bercpacu memasuki tahapan itu,” tandasnya.(Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here