Beranda Asahan Bupati Asahan Beri 500 Paket Makanan Tambahan Anak Sekolah

Bupati Asahan Beri 500 Paket Makanan Tambahan Anak Sekolah

65
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Bupati Asahan yang diwakili Staf Ahli Elfina Tarigan memberikan makanan tambahan kepada 500 siswa Sekolah Dasar (SD) yang terdiri dari 400 siswa SDN 010086 Selawan dan 100 siswa SDN 010099 Selawan, bertempat di SDN 010086 Selawan, Kamis (14/12/2023).

Paket makanan tambahan yang diberikan kepada para siswa terdiri dari makanan lengkap (nasi, lauk, sayur dan buah), nugget ayam brokoli, susu, jus buah, bubur kacang hijau dan telur ayam rebus.

Pemberian makan tambahan anak sekolah (PMT-AS) yang diberikan dalam bentuk kudapan yang aman dan bergizi dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan, karena gizi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tumbuh kembangnya anak secara optimal.

“Kekurangan gizi yang terjadi pada periode emas tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah gagal tumbuh sehingga anak menjadi (stunting),” kata Elfina.

Data SSGI 2022 menunjukan bahwa prevalensi stunting di Kabupaten Asahan sebesar 15,3% dan gizi kurang 10,6%, hal itu berarti masalah kekurangan gizi pada anak-anak dalam proses tumbuh kembang masih sangat tinggi.

“Untuk itu program PMT-AS menjadi salah satu upaya percepatan pencapaian dalam pembangunan nasional terkait pengentasan masalah gizi pada anak sekolah,” ujarnya.

Elfina juga mengimbau seluruh guru untuk tidak bosan memberikan pengetahuan tentang pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak-anak, dan kepada para siswa yang hadir dia juga meminta agar gemar makan ikan, sayur dan buah serta tidak makan jajanan pasar, karena dikhawatirkan tentang jaminan kesehatannya.

“Bawalah bekal dari rumah yang terjamin kesehatannya agar anak-anak menjadi sehat dan kuat,” pungkasnya. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here