Beranda HL Pasar Hewan Tanjung Bakal Dibuka, Kini Ketentuannya Tengah Digodok

Pasar Hewan Tanjung Bakal Dibuka, Kini Ketentuannya Tengah Digodok

284
0
BERBAGI

Lombok Utara, Beritakajang.com – Mengurangi dampak ekonomi masyarakat yang menurun drastis akibat pandemi Covid-19, terutama para peternak. Pemerintah Kabupaten Lombok Utara berencana membuka kembali pasar hewan di Desa Medana Kecamatan Tanjung. Rencana pembukaan kembali pasar hewan tersebut memperhatikan ketentuan standar protokol pencegahan Covid-19.

Demikian intisari rapat pembahasan rencana pembukaan pasar hewan tanjung, di aula kantor Bupati Lombok Utara, Senin (22/6/2020).

“Rencananya kita akan buka kembali pasar hewan yang ada di Desa Medana dengan penerapan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lombok Utara, Ir. Hermanto.

Dikatakannya, Pemkab Lombok Utara saat ini tengah menyiapkan persiapan pembukaan kembali pasar hewan agar memenuhi protokol Covid-19. Persiapan itu diantaranya, mewajibkan setiap penjual maupun pembeli untuk mengenakan masker, mengatur jarak baik pedagang maupun hewannya, serta pengelompokan hewan.

“Kita sedang persiapkan, mulai penataan akses pintu keluar masuk disana, tempat mengecek suhu tubuh pengunjung. Kemudian sarana kesehatan (ambulans) untuk mengantisipasi siapa tahu ada pengunjung butuh perawatan. Selain itu, penataan sapi sesuai jenis. Pedetan, bakalan, bunting, dan seterusnya,” terangnya.

Tak hanya itu, Kepala Bapenda KLU ini, juga menginformasikan pasar hewan di beberapa tempat di NTB sudah dibuka. Mereka memiliki jadwal buka. Maka, Pasar Hewan Tanjung nantinya juga harus dibuka berjadwal menyesuaikan kondisi wabah Covid-19.

“Saat buka nanti, pemerintah berharap pengelola pasar, pedagang, dan pembeli untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” tandas Hermanto.

Sementara mengantisipasi para pedagang dari luar daerah maupun dari zona merah penyebaran Covid-19, pihaknya akan menyiapkan posko untuk filterisasi polangan, pemilik, dan penuntun hewan sebelum masuk pasar.

“Mohon petugas pengamanan siap-siap kawal operasional pasar, terutama di pintu keluar masuk. Sistem satu jalur saja. Kita juga akan beri imbauan disiplin protokol kesehatan kepada pengunjung. Intinya, kompak dan tegas membuka kembali pasar hewan ini,” tegas mantan Asisten II Seda KLU itu seraya menutup rapat. (Sas/Humaspro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here