Beranda Musi Banyuasin Desa Mulyo Rejo Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

Desa Mulyo Rejo Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

110
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Tarmizi)

Muba, Beritakajang.com – Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ditetapkan menjadi Kampung Pancasila.

Demikian disampaikan Pj. Bupati Muba H. Apriyadi Mahmud melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H. Yudi Herzandi SH M.Hum melalui zoom meeting bersama Danrem 044/Gapo Palembang Brigjen TNI M. Naudi Nurdika SIP M.Si MTr. Han dan Dandim 0401/Muba Letkol Inf. Erry Dwiyanto SPSI M.Han, Selasa (26/9/2023).

Menurut Yudi, dengan digelarnya kegiatan ini maka akan lebih menumbuhkan semangat masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemkab Muba merasa bangga dan menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Mulyo Rejo yang selalu rukun dan damai tentram antar umat beragama. Kini Desa Mulyo Rejo telah ditetapkan sebagai Kampung Pancasila, ini dapat menjadikan sebagai benteng-benteng implementasi Pancasila tersebut. Semoga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Muba, bagaimana menjaga kebhinekaan dan keragaman serta kerukunan seluruh elemen masyarakat,” tandasnya.

Sementara Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika dalam sambutannya berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini, dijadikan sebagai contoh penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat akan lebih saling menghormati antar umat beragama, rasa cinta tanah air dan lingkungan masyarakat.

“Diharapkan masyarakat terus meningkatkan rasa kebersamaan, kebersihan dan terus menjaga kenyamanan di kampung atau dusun masing-masing. Selain itu, selalu mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan segala permasalahan,” pungkasnya.

Menurut Dandim, bahwa beberapa kriteria ditetapkannya Desa Mulyo Rejo menjadi Kampung Pancasila adalah karena desa tersebut rukun, aman dan damai. Tidak pernah ada konflik yang terjadi antar warganya.

“Desa ini sebagai contoh hidup damai tanpa konflik dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Selain itu warga Mulyo Rejo gemar gotong-royong, masyarakatnya juga sangat ramah dan sangat agamis. Tingkat rasa kemanusiaannya dan sosialnya juga sangat tinggi. Itulah menjadi dasar Desa Mulyo Rejo menjadi Kampung Pancasila,” ujar Dandim. (Tarmizi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here