Beranda Palembang Optimis 2024 Bebas Rabies, Pemkot Palembang Lakukan Gerakan 3 In 1

Optimis 2024 Bebas Rabies, Pemkot Palembang Lakukan Gerakan 3 In 1

57
0
BERBAGI
(Sumber Foto Istimewa)

Palembang, Beritakajang.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat tengah giat melakukan gerakan 3 in 1 guna memberantas penyakit rabies.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Dr. Novayanti mengatakan, langkah tersebut telah dilaksanakan secara aktif sejak tahun 2021.

Gerakan 3 in 1 ini mencakup langkah-langkah seperti pendataan melalui pembuatan kartu identitas hewan (HPR), pemasangan microchip khusus pada anjing, dan penyuntikan vaksin rabies pada hewan yang terdaftar dalam HPR.

“Kami secara konsisten melanjutkan program vaksinasi ini, bahkan kami melakukan upaya ekstra untuk menggapai targetnya. Vaksin ini diaplikasikan pada hewan yang rentan terjangkit rabies, seperti anjing, kucing, dan monyet, meskipun anjing merupakan yang paling banyak,” ungkapnya, Kamis (31/8/2023).

Kendati demikian, Novayanti menuturkan tim juga secara rutin memberikan suntikan vaksin tambahan (booster) kepada anjing-anjing yang telah divaksinasi.

“Kami juga mengirimkan sampel darah ke Balai Veteriner di Lampung untuk dianalisis,” tutupnya.

Oleh karena itu, Novayanti berharap bahwa pada tahun 2024, Palembang akan berhasil terbebas sepenuhnya dari wabah penyakit rabies.

“Kita harap dapat terwujud Palembang bebas rabies 2024,” tukasnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan menyebutkan, sejauh ini tidak ada kabar yang terinfeksi rabies.

“Jika ada yang digigit anjing, kucing atau monyet segera bersihkan luka gigitan dengan air mengalir kemudian bawa ke Puskesmas untuk mendapatkan suntikan vaksin anti rabies,” tutupnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here