Beranda Banyuasin Kades Sidomulyo Bantah Ada Galian C di Wilayahnya

Kades Sidomulyo Bantah Ada Galian C di Wilayahnya

92
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Banyuasin, Beritakajang.com – Kepala Desa (Kades) Sidomulyo Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Rahmat SP membantah galian yang berada di wilayahnya merupakan galian C.

Dia mengatakan, galian tersebut merupakan galian kolam yang telah disepakati bersama warga dan tanahnya merupakan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin.

“Tanah galian itu dibagi secara gratis di setiap desa yang ada di Kabupaten Banyuasin, terkhusus bagi yang terdekat dengan lokasi,” kata Rahmat saat diwawancarai awak media, Kamis (24/8/2023).

Rahmat menjelaskan, tanah dari galian tersebut diperuntukkan bagi desa yang membutuhkan untuk membangun jalan, menambal jalan berlobang dan lain sebagainya.

“Ini merupakan program dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin. Bagi desa yang membutuhkan tanah, kita persilahkan untuk mengajukan proposal ke Dinas PU,” terang dia.

Hanya saja, lanjut Rahmat, bagi desa yang membutuhkan tanah harus menanggung biaya akomodasi.

“Pemkab hanya menyediakan tanah dan alat berat. Untuk semua biaya, ditanggung pemerintah desa. Sudah berjalan sekitar 2 bulan, sekitar 400 sampai 500 mobil dump truk tanah yang keluar,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Dusun II Desa Sidomulyo Taufik Hidayat mengatakan, galian tersebut memberikan dampak yang positif dan membantu bagi masyarakat.

“Iya sangat bagus. Tanah itu untuk membangun jalan, lorong-lorong yang jalannya rusak. Memang dipergunakan sebagaimana mestinya. Jadi kami masyarakat desa sangat terbantu,” ungkapnya. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here