Beranda Palembang KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Berikan Kuliah Umum ke Mahasiswa Unsri

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Berikan Kuliah Umum ke Mahasiswa Unsri

297
0
BERBAGI
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat diwawancarai awak media. (Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Palembang, Beritakajang.com – Untuk pertama kalinya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan kuliah umum ketahanan nasional dengan tema ‘Penguatan Karakter Bangsa dalam Implementasi Kampus Merdeka’ untuk mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) di Tower Fakultas Hukum Unsri Jalan Srijaya Negara Palembang. Senin (7/3).

“Kita memberikan kuliah umum dengan tema pembentukan karakter bangsa, karena memang menurut saya bangsa ini terbangun dari semua golongan, semua kelompok, semua agama, semua karena dengan adanya perbedaan,” ungkap Jenderal Dudung ditemui seusai kuliah umum.

Menurutnya, mahasiswa sebagai ujung tombak pada saat mengisi kemerdekaan karena kemerdekaan dan bendera merah putih itu dinaikan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Artinya dengan cucuran air mata dan darah, oleh karena itu mahasiswa harus tahu bagaimana tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita perjuangkan. Jangan merasa paling benar, paling pintar, paling segala-galanya. Semuany sama saja,” ujarnya.

Ia pun yakin di Sumsel ini para pemuda-pemudanya rela berkorban dan pantang menyerah untuk membangun bangsanya.

“Saya katakan pondasinya adalah kebhinekaan, tiangnya persatuan dan kesatuan, atapnya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpegang teguh kita jangan goyah, dan kita pertahankan Republik Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU ASEAN. Eng mengatakan, bahwa untuk menjaga ketahanan bangsa itu tidak hanya mengandalkan TNI-Polri saja, namun semuanya harus bersama-sama menjaga bangsa. termasuk juga tugas media untuk selalu memberitakan hal yang positif.

“Kita semua punya tanggung jawab, bersama-sama untuk menjaga ketahanan nasional bangsa dan yang paling penting kita kembangkan yang namanya wawasan kebangsaan,” ungkapnya.

Anis menambahkan, dirinya sebagai pimpinan perguruan tinggi yang mendidik anak-anak bangsa, berharap para mahasiswa dapat mendengar dan menjalankan apa yang disampaikan oleh Kasad yang lebih menekankan bagaimana berbuat baik untuk orang lain dan menjaga ketahanan bangsa.

“Karena ada upaya dari kelompok tertentu untuk merusak bangsa, saya ingin menjaga anak-anak mahasiswa saya, supaya kedepannya itu betul betul nanti menjadi pemimpin bangsa bukan perusak bangsa,” pungkasnya. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here