Beranda Banyuasin 1.998 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Akhiri KKN di Banyuasin

1.998 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Akhiri KKN di Banyuasin

338
0
BERBAGI
Bupati Banyuasin H. Askolani. (Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Setelah mengabdikan diri di masyarakat selama kurang lebih 40 hari, sebanyak 1.998 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengakhiri kuliah kerja nyata (KKN).

Penutupan KKN ditandai dengan penutupan dan serah serah terima kembali para peserta UIN Raden Fatah Palembang di Gedung Graha Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin yang dipimpin langsung oleh Bupati Banyuasin H. Askolani, Senin (21/2).

Serah terima ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati Banyuasin bersama perwakilan dari perguruan tinggi.

Bupati Askolani menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan KKN dengan membantu pemerintah desa/kelurahan dan masyarakat dimana ditugaskan. Termasuk tugas yang dititipkan kepada para mahasiswa untuk membantu Pemkab Banyuasin.

Askolani mengatakan apa yang dilakukan mahasiswa KKN ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah desa dan juga Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Pelaksanaan kuliah kerja nyata UIN Raden Fatah Palembang ini telah mulai dilaksanakan sejak 10 Januari – 20 Februari 2022.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah membantu pemerintah hingga ke desa,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan selama mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata akan memberikan ilmu tambahan kepada mahasiswa yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Hal inilah yang sesungguhnya pelaksanaan KKN tersebut. Mahasiswa merasakan sensasi kehidupan di tengah-tengah masyarakat, sehingga bisa menerima banyak ilmu yang diperoleh di masyarakat, tidak diterima di bangku kuliah.

“Dan inilah yang disebut dengan kuliah kerja nyata, dimana antara teori dan praktik di lapangan terkadang ada yang berbeda,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat KKN seperti ini kesuksesan yang bisa diraih ketika mampu berbaur dengan masyarakat dan melihat peluang peluang sebagai mahasiswa atau seorang sarjana yang dapat dilakukan di tengah tengah masyarakat. Dan pencapaian kecerdasan intelektual ini dipadukan dengan dua kecerdasan lain, yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Sehingga jika ketiga ini bisa dijalankan bersama, maka akan meraih kesuksesan.

Foto bersama. (Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Selanjutnya, Askolani berpesan kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan masa KKN untuk dapat segera melanjutkan tugas-tugas berikutnya. Sehingga dalam waktu tidak terlalu lama sudah bisa menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar sarjana.

“Setelah kembali ke kampus, diharapkan mahasiswa segera menyusun laporan dan menyelesaikan tugas yang ada. Selamat kembali ke kampus dan menuntaskan perkuliahan untuk meraih gelar sarjana,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Palembang Muhammad Adil, juga turut berbangga atas pelaksanaan KKN 76 ini.

“Terima kasih atas jasa dan kepedulian serta keramahan masyarakat Kabupaten Banyuasin telah menerima mahasiswa kami melakukan kuliah kerja nyata disini, kami izin pamit pulang kembali ke kampus,” ujarnya. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here