Beranda Palembang Kapolda Sumsel Resmikan Pemakaian Masjid Alaman Pakri

Kapolda Sumsel Resmikan Pemakaian Masjid Alaman Pakri

190
0
BERBAGI
Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto MH saat meresmikan pemakaian Masjid Alaman Pakri Komplek Pakri Palembang, Selasa (28/12). [Sumber Foto Beritakajang.com/Kelly]

Palembang, Beritakajang.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto MH didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Rudi Setiawan SIK SH MH resmikan pemakaian Masjid Alaman Pakri Komplek Pakri Palembang, Selasa (28/12).

Dalam sambutannya, Kapolda mengucapkan terimakasih kepada para donatur dari segala pihak yang terlibat dalam pembangunan Masjid Alaman. Semoga membawa barokah dan menjadi ladang amal nantinya.

Kapolda berharapkan kegiatan di masjid bukan saja diisi kegiatan rutinitas seperti sholat lima waktu, majlis taklim, hadroh dan lain sebagainya. Namun dapat dijadikan sarana tempat pelaksanaan Aqad nikah guna membesarkan syiar agama Islam.

Sementara itu menurut ketua pelaksana pembangunan Masjid Alaman Pakri, Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol. Ucu Kuspryadi SIK MH M.Si menjelaskan, Alaman Pakri merupakan masjid kebanggaan keluarga besar Polri Polda Sumsel, khususnya warga Catur Cakti yang dibangun pada tahun 1985 sampai dengan 1987. Dan diresmikan oleh Kapolda Sumbagsel saat itu Mayor Jenderal Polisi Drs Sidarto, SH pada tanggal 22 Mei 1987.

Ucu menjelaskan, masjid ini berdiri di atas tanah komplek perumahan anggota angkatan bersenjata Republik Indonesia, dan dibangun secara gotong-royong. Pengerjaannya dilakukan sendiri secara swadaya oleh warga Catur Cakti Polda Sumbagsel selama kurang lebih 2 tahun dengan daya tampung jamaah sekitar 200 orang.

“Pada bulan Januari  2021, Kapolda Sumsel Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM memutuskan untuk membangun ulang Masjid Alaman Pakri. Masjid ini dibangun pada lahan seluas 360 meter persegi yang terletak tidak jauh dari masjid terdahulu. Maka pada tanggal 4 Maret 2021 dilaksakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Alaman Pakri oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listiyo Sigit Prabowo M.Si,” jelas dia.

“Setelah tongkat kepemimpinan diserahkan kepada Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, pembangunan Masjid Alaman Pakri kembali dilanjutkan pada Agustus 2021. Alhamdulillah di akhir tahun 2021, Masjid Alaman Pakri selesai pengerjaannya secara total dan diserah terimakan dari pihak pengembang kepada Polda Sumsel,” terang dia.

Pembangunan masjid dilaksanakan menggunakan dana umat sebesar Rp 4.511.931.000 yang dikerjakan oleh penyedia jasa pribadi dengan masa kontrak 210 hari, terhitung tanggal 4 Maret 2021 sampai 4 September 2021. Masjid Alaman Pakri dibangun 2 lantai dengan ukuran gedung 625 meter persegi yang terdiri dari bangunan utama, toilet dan tempat wudhu pria, toilet dan tempat wudhu wanita serta tempat tinggal marbot.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol, Drs. Supriadi MM menegaskan, Masjid Alaman Pakri selain digunakan sebagai tempat sholat, juga digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya.

“Upaya-upaya dalam memakmurkan masjid rupanya didukung banyak pihak, mulai dari ulama, masyarakat Komplek Pakri dan masyarakat luas serta personel Polda Sumsel sendiri, dikarenakan kegiatan-kegiatan tersebut secara tidak langsung mampu menjadi kesempatan mencari pahala dan bersilaturahminya umat Islam dari berbagai kalangan,” tegas dia.

“Dengan dibangunnya Masjid Alaman Pakri ini diharapkan semakin bermanfaat banyak bagi masyarakat, tidak hanya sekadar rumah ibadah dan monumental, namun dapat pula memiliki arti yang besar di hati setiap masyarakat yang berkunjung dan beribadah di Masjid Alaman ini,” tambah dia.

Saat dimintai keterangannya, Ketua DMI Sumsel Dr KA. Bukhori M.Ag saya mengapresiasi atas upaya Polda Sumsel dalam meningkatkan SDM, khususnya dengan diresmikan penggunaan masjid ini.

“Tempatnya strategis dan ini cocok untuk acara kegiatan agama guna mewujdkan kemitraan masyarakat dengan Polri,” pungkas Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Fatah Palembang ini. [Kelly]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here