Beranda Palembang Polrestabes Palembang Sudah Persiapkan Pengamanan Nataru

Polrestabes Palembang Sudah Persiapkan Pengamanan Nataru

213
0
BERBAGI
Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra saat diwawancarai di depan aula Patria, Selasa (21/12). [Sumber Foto Beritakajang.com/Andre]

Palembang, Beritakajang.com – Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tinggal menghitung hari. Polrestabes Palembang sudah mempersiapkan pengamanan untuk perayaan ibadah di gereja, tempat lokasi wisata dan pengamanan di malam tahun baru.

Hal dikatakan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra saat diwawancarai di depan aula Patria, Selasa (21/12).

Ia mengatakan bahwa hari ini kita sudah melakukan rapat lintas sektoral untuk persiapan pengamanan Natal dan malam Tahun Baru.

“Pelaksanaan pengamanan akan kita laksanakan pada tanggal 23-24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 3 Januari 2022. Hal yang diperhatikan tentunya yang pertama ibadah untuk teman kita yang merayakan Natal, kedua pengamanan di lokasi wisata, ketiga pengamanan pada malam tahun baru,” jelas Kombes Pol Irvan.

Dalam pengamanan ini kita menggunakan reverensi instruksi Mendagri No. 66 Tahun 2021 yang dinyatakan dalam peraturan Walikota No. 20 Tahun 2021.

“Yang berbeda perayaan tahun ini dari sebelumnya, dimana perayaan di gereja dilakukan secara online tetapi sekarang sudah bisa hadir langsung dengan kapasitas 75 persen, dan kita akan mengumpulkan tokoh agama Kristen membahas hal ini,” ujar Kombes Pol Irvan.

Lanjut Kapolrestabes mengatakan untuk tempat wisata masih dalam tahap proses. “Apakah akan ditutup pada tanggal 24 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022 ataukah hanya pada malam Natal dan tahun baru,” katanya.

“Malam tahun baru 2022, saya sebagai Kapolrestabes meminta kepada seluruh masyarakat Kota Palembang, terutama usaha malam atau club malam tidak ada pelaksanaan perayaan malam tahun baru, ini sudah digariskan pemerintah dan satgas pusat. Jadi lakukan kegiatan seperti biasa saja,” tukasnya

Sementara itu, masih kata Kapolrestabes, Jembatan Ampera untuk malam tahun baru akan kita tutup.

“Saya meminta masyarakat Kota Palembang, mungkin Jembatan Ampera akan kita tutup mulai pukul 21.00 WIB sampai dengan dini hari. Tapi masih dalam pembahasan,” ungkapnya.

“Kita akan terima update perkembangan setiap saat, yang jelas laksanakan perayaan tahun baru di tempat atau rumah masing – masing. Berdoa, instrospeksi diri di rumah masing – masing, hindari kerumunan ataupun adanya bermain petasan dan lain-lain,” ujar dia.

Lanjutnya, untuk penyekatan kita mendapat kabar dari Kementerian Perhubungan, sementara pemerintah pusat menghilangkan penyekatan.

“Tetapi akan mengadakan pengetatan dan pelaksanaan pengecekan vaksinasi secara random kepada pengguna jalan yang ada di Kota Palembang,” katanya.

Sementara untuk pos pengamanan, masih kata Kapolrestabes mengatakan, akan ditempatkan di 11 titik yang berfungsi sebagai pengamanan, pelayanan, dan penyekatan apabila dibutuhkan.

“Pos besar ada di air mancur, simpang empat DPRD, di beberapa mall, Talang Jambi, Nilakandi. Polrestabes menurunkan 450 personel gabungan, diantaranya TNI, Danlanal, Danlanud, Dishub, Sat Pol PP, Sencom mitra Polri, dan lainnya,” jelas Kombes Pol Irvan.

Untuk anggota pam yang berpakaian biasa kita terjunkan secara terbuka dan tertutup. “Pengamanan secara terbuka dan tertutup selalu ada dalam setiap kegiatan kepolisian, ada yang secara uniform polisi dan tertutup, untuk jumlahnya rahasia,” tutupnya. [Andre]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here