Beranda HL Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 OKI Semprot Disinfektan di Shopping Center

Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 OKI Semprot Disinfektan di Shopping Center

420
0
BERBAGI

Kayuagung, Beritakajang.com – Menindaklanjuti instruksi Pemerintah Kabupaten OKI melalui Bupati H Iskandar SE terkait pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 (corona), Dinas Perdagangan Kabupaten OKI bersama Dinas Kesehatan dan Satpol PP yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pengendalian Virus Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah titik yang ada di Shopping Center, Jumat (27/3/2020) siang sekira pukul 14.00 Wib.

Titik penyemprotan dimulai dari lapak pedagang yang berada disekitar gedung Shopping Center hingga ke kios-kios yang ada di dalam gedung itu sendiri. Penyemprotan disinfektan melibatkan tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI yang berjumlah kurang lebih 10 orang.

Kepala Dinkes OKI Iwan Setiawan SKM M.Kes saat dikonfirmasi di lapangan mengatakan, penyemprotan disinfektan ini adalah sala satu upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan dan penekanan terhadap penyebaran virus corona.

Menurut Iwan, penyemprotan disinfektan di area publik ini dilakukan bukan kali ini saja. Ia mengklaim di beberapa area publik lainnya juga telah dilakukan penyemprotan. “Diantaranya rumah ibadah, perkantoran, jalan, sudah kita sterilkan dengan disinfektan,” akunya.

Iwan menegaskan bahwa saat ini diperlukan sinergitas dan soliditas yang tinggi antar semua pihak dalam melakukan pencegahan dan penekanan penyebaran virus corona ini.

Di lokasi yang sama, H Sudiyanto Djakfar selaku Kepala Dinas Perdagangan OKI juga mengaku penyemprotan dilakukan karena ini merupakan salah satu kegiatan yang diatur didalam protokol pencegahan dan pengendalian virus Covid-19 terkait bidang pelayanan publik. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi pencegahan dan pengendalian virus itu sendiri.

Lebih jauh Sudiyanto menjelaskan, bahwa pihaknya juga ingin mengajak masyarakat dan para pedagang untuk turut serta membersihkan lokasi lapak tempat mereka berjualan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini nantinya masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan, dan membiasakan pola hidup bersih. Kita harapkan seluruh pedagang dapat memberikan fasilitas yang baik kepada pembeli. Dan untuk para pembeli kita berharap jangan menghabiskan waktu terlalu lama di pasar, cukup belanja sesuai kebutuhan yang telah direncanakan. Dengan demikian kita harapkan nantinya program pemerintah untuk melawan korona ini bisa optimal,” jelasnya.

Sudiyanto juga mengaku bahwa penyemprotan disinfektan ini juga akan dilaksanakan di beberapa pasar yang ada di Kabupaten OKI.

“Kita jadwalkan tanggal 6 April ke Lempuing, Tulung Selapan, Jejawi, SP Padang, dan Mesuji. Jadi nanti kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan agar pasar-pasar yang ada, dapat dilakukan penyemprotan disinfektan,” akunya.

Saat disinggung terkait waktu pelaksanaan penyemprotan, mantan Camat Mesuji ini mengungkapkan bahwa penyemprotan disinfektan ini sengaja dilakukan di sore hari, karena mengingat apabila dilakukan pagi atau siang hari ditakutkan akan menggangu aktifitas transaksi para pedagang.

Lelaki paruh baya yang akrab disapa Pak Yanto ini juga menyampaikan kepada awak media terkait rencana pemasangan blower yang nantinya akan difungsikan untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke para pengunjung yang keluar masuk gedung Shopping Center, maupun para pedagang yang ada di dalam gedung tersebut.

“Rencananya akan dipasang di empat titik yakni di dua pintu keluar dan dua pintu masuk gedung. Tapi sebelumnya akan kita koordinasikan dulu dengan pihak Asosiasi Pedangan Seluruh Indonesia (APSI). Kita berharap APSI bisa memfasilitasi terkait rencana tersebut. Mungkin dengan swadaya dari para pedagang, bisa terkumpul dana untuk membeli peralatan tersebut. Dan itu adalah wewenangnya APSI,” tandasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here