Beranda Musi Banyuasin Kota Sekayu Muba Raih Adipura ke-14 Kali

Kota Sekayu Muba Raih Adipura ke-14 Kali

44
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Tarmizi)

Muba, Beritakajang.com – Untuk kali ke-14 Kota Sekayu Musi Banyuasin (Muba) dinyatakan sebagai Kota kecil terbersih se-Indonesia, Selasa (5/3/2204).

Menurutnya Pj. Bupati Muba H. Apriyadi, pihaknya sudah mendapatkan undangan penyerahan penerimaan Penghargaan Anugerah Adipura 2023. Namun untuk menerima penghargaan dimaksud, diwakilkan kepada Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busroh.

Di lokasi acara, Andi Wijaya Busro mengatakan, Sekayu dinilai mulai indikator keadaan fisik lingkungan perkotaan berkaitan dengan kebersihan, keteduhan kota dan pengendalian pencemaran.

“Komponen kriteria penilaian berkaitan dengan pengelolaan sampah dan ruang hijau, pengendalian pencemaran udara dan pencemaran air,” kata Andi.

Dia merinci, komponen pemantauan dilakukan dibeberapa lokasi antara lain perumahan, fasilitas perkotaan, transportasi, perairan terbuka, sanitasi dan pantai wisata.

“Upaya-upaya pengelolaan sampah yang kita lakukan selama ini mendapat apresiasi dari pemerintah, sehingga mendapatkan Adipura. Pengelolaan sampah meliputi kegiatan pengurangan sampah dan penanganan sampah,” jelas dia.

“Pengelolaan sampah dilakukan oleh masyarakat atau kelompok. Misalnya gotong royong kebersihan, bank sampah, pemilahan sampah dan lainnya. Sedangkan penangan sampah dilakukan pemerintah mulai proses pengumpulan dan pengangkutan sampah,” tambah Andi.

Terpisah, Kepala Dinas DLH Muba, Zulfakar mengatakan, Sekayu menjadi kota terbersih karena perilaku masyarakat yang tertib.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh warga Kota Sekayu dan warga Muba, mari terus kita galakan bersih-bersih lingkungan sesuai imbauan Pj. Bupati Musi Banyuasin. Dan program Jumat bersih terus dijalankan bersama secara berkelanjutan,” pungkas dia. (Tarmizi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here