Beranda Musi Rawas Utara Sekda Muratara Ajak Masyarakat Budidaya Ikan Gabus

Sekda Muratara Ajak Masyarakat Budidaya Ikan Gabus

54
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Hamkam)

Muratara, Beritakajang.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara Elvandary ajak masyarakat manfaatkan sumber daya lokal seperti ikan gabus.

Ikan gabus yang merupakan varietas lokal ini sangat berpotensi dibudidayakan secara luas, sehingga bisa menjadi sumber ekonomi alternatif bagi masyarakat Muratara.

“Saya dulu pernah di Kementerian Desa, dan disana itu ada program ekonomi integritas. Dikhususkan mengembangkan ekonomi alternatif dan bisa dijadikan salah satu pilar ekonomi di masyarakat,” katanya, Kamis (8/2/2024).

Menurut dia, ikan gabus merupakan salah satu ikan jenis lokal yang tidak terimbas inflasi harga. Jenis ikan ini sangat berbeda dengan jenis lainnya, karena semakin berat bobot harganya juga semakin tinggi dan mahal.

“Ikan gabus ini besar, kecil dibeli orang, bisa dijadikan konsumsi, bisa dijadikan obat dan bisa dijadikan eksen minyak ikan untuk pemulihan pasca operasi,” bebernya.

Di Muratara merupakan wilayah yang dilintasi aliran sungai dan banyak didapati lebak lebung yang menjadi sarang ikan gabus. Dia menuturkan, budidaya ikan lokal semestinya sangat berpotensi di Kabupaten Muratara.

Elvandary mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan sumber daya lokal serta budidaya ikan gabus yang saat ini terbilang masih sangat jarang dibudidayakan masyarakat Muratara.

Untuk saat ini harga ikan gabus dipasar lokal berkisar Rp 60 ribu/Kg, sedangkan harga eksen ikan gabus 200 mililiter berkisar Rp 250 ribu. (Hkm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here