Beranda Sumut UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli...

UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya

211
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com)

Medan, Beritakajang.com – Universitas Darma Agung (UDA) dan Akademi Pariwisata Perhotelan (APP) Darma Agung menggelar prosesi wisuda bersama yang digelar di Pardede Hall Jalan DR TD Pardede Kota Medan Sumatera Utara.

Sebanyak 1.153, wisudawan yang terdiri dari Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya ikut ambil bagian dalam kegiatan yang dibuka Ketua Senat Universitas Darma Agung Assoc. Prof. Dr. Gomgom TP Siregar SH MH, Sabtu (9/12/2023).

Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung Partahi Siregar SH mengatakan, kegiatan ini merupakan momen bersejarah, dimana 1.118 lulusan dari 22 program studi Universitas Darma Agung dan 35 lulusan dari APP Darma Agung siap melangkah ke tahap baru dalam hidup mereka.

“Untuk itu, ucapan selamat yang tulus saya sampaikan kepada para wisudawan/i yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Darma Agung dan APP Darma Agung ini. Prestasi ini bukan hanya milik ananda sendiri, tetapi juga merupakan kebanggaan bagi almamater, keluarga, dan seluruh stakeholder yang telah turut serta dalam perjalanan pendidikan ini,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada orang tua, wali, suami atau istri dan keluarga wisudawan yang hadir pada prosesi tersebut.

“Saya berharap semangat keilmuan dan semangat pengabdian bapak/ibu terus berkobar. Teruslah menginspirasi dan membimbing generasi-generasi mendatang agar mampu bersaing di kancah global,” harap Partahi.

Ia turut mengemukakan, YPDA juga terus berkomitmen melalui kedua institusi ini untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar dan masyarakat.

“Kami mendorong keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengabdian masyarakat untuk mengasah kemampuan interpersonal dan kepemimpinan mereka,” ujarnya.

Menimpali hal tersebut, Rektor UDA Dr. Muhammad Ansori Lubis SH MM M.Hum menyampaikan bahwa para alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar Universitas Darma Agung.

“Saya selaku Rektor, merasa bangga dan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih oleh para alumni saat ini,” jelas dia.

Tak lupa pula Anshori mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I, Prof. Drs.Saiful Anwar Matondang MA Ph.D yang turut hadir dalam wisuda tersebut.

Direktur APP Darma Agung Ivan Benedict Tambunan Amd.Par SE MM yang turut menyampaikan kata sambutan mengatakan, wisuda menandakan dua peristiwa penting dalam kehidupan para wisudawan. Di satu sisi, peristiwa penting ini adalah akhir dari perjuangan saudara di kampus, dan disisi lain paling tidak untuk sebagian besar wisudawan merupakan awal memasuki perjuangan baru ditengah-tengah masyarakat atau menciptakan lapangan kerja di masyarakat.

“Saudara harus dapat memberikan yang terbaik dilingkungan tempat tinggal saudara, karena pada umumnya apabila kita sudah mencapai gelar kesarjanaan maka saudara dituntut agar menjadi teladan di mata masyarakat,” pesannya.

Pada kesempatan ini, lanjut Ivan, pihaknya juga melantik Dr Andi Wete Polili M.Hum sebagai alumni Prodi Usaha Perjalanan Wisata dan juga Rikki Hamdan Saragih yang tidak dapat hadir karena sedang menjalani program culture exchange (pertukaran budaya) di Miami Amerika Serikat dan merupakan suatu kebanggaan yang mengharumkan nama Darma Agung.

“Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung satu-satunya yang lulus/terpilih di Sumatera Utara tahun 2023 dalam program J1 Visa Amerika,” ujarnya bangga.

Kepala LL.DIKTI Wilayah I Prof. Drs.Saiful Anwar Matondang MA Ph.D berharap ke depan UDA bisa menjadi kampus yang unggul, setelah saat ini dinilai sudah menjadi yang terbaik.

“Apalagi UDA baru melahirkan satu lagi guru besar yang terhitung cepat yakni Prof. Elisabeth Sitepu. Ini merupakan kebanggaan. Selain itu, satu lagi dari UDA juga sudah tercatat sebagai Lektor Kepala yakni Dr Anshori. Ke depan diharapkan UDA terus meningkatkan jumlah Lektor dan Lektor Kepala,” sebutnya.

Sementara, itu Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu yang mewakili wisudawan pada kesempatan itu mengatakan, menempuh pendidikan di Universitas Darma Agung ini adalah sesuatu yang menjadi kebanggaan bagi kita semua. Disini kita dapat memperoleh banyak wawasan baru, secara khusus kami dapat memperoleh pengetahuan mengenai ilmu pemerintahan yang secara nyata juga dapat diterapkan dalam tugas kami sehari-hari.

“Ada banyak hal yang dapat kami terapkan dalam menjalankan roda pemerintahan di Nias Utara, diantaranya kami belajar lebih lagi bagaimana menerapkan manajemen pemerintahan yang baik termasuk didalamnya mengelola dengan tepat sumber daya manusia, mendorong peningkatan perekonomian melalui pengembangan pariwisata, pemanfaatan dan pengusahaan sumber daya alam, dan dari sisi hukum, kami juga belajar bagaimana penerapan hukum dalam pemerintahan, termasuk sistem dan etika dalam dinamika politik dan manajemen kepemimpinan secara umum,” ujarnya.

Dikatakannya, perkuliahan bukanlah hanya sekadar formalitas untuk mendapat gelar semata, tapi bagaimana pendidikan sejatinya meningkatkan wawasan dan ilmu yang berdaya guna dan secara nyata dapat dipraktekkan dalam profesi dan pekerjaan sehari-hari.

“Dapat kami sampaikan bahwa apa yang kami pelajari selama kurang lebih dua tahun ini bermanfaat dalam mendukung pekerjaan kami yang saat ini juga dipercayakan sebagai Bupati di Nias Utara. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu dosen sebagai tenaga pendidik yang telah banyak memberikan sharing ilmu bagi kami. Harapan kami kualitas akan terus dipertahankan, bahkan lebih baik lagi di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here