Beranda Banyuasin Tingkatkan Capaian SPM, Pemkab Banyuasin Launching Fitur Aplikasi Sinderela

Tingkatkan Capaian SPM, Pemkab Banyuasin Launching Fitur Aplikasi Sinderela

90
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuasin meluncurkan fitur aplikasi Sistem Informasi Terintegrasi, Elaborasi Dan Berkelanjutan (Sinderela), Senin (20/11/2023).

Fitur ini dirancang untuk meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Kabupaten Banyuasin.

Aplikasi Sinderela merupakan proyek dari Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banyuasin, Yuni Khairani.

Aplikasi ini dikembangkan untuk memudahkan pengelolaan keuangan daerah, termasuk dalam pemenuhan SPM.

“Melalui fitur aplikasi Sinderela, kami berharap dapat meningkatkan capaian SPM di Kabupaten Banyuasin,” kata Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam SH.

SPM adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal.

Pemerintah pusat telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 212/PMK.07/2022 tentang indikator tingkat kinerja daerah dan ketentuan umum bagian dana alokasi umum (DAU) yang ditentukan penggunaannya tahun anggaran 2023. Peraturan ini mengatur bahwa pemerintah daerah yang tidak memenuhi target SPM akan mendapat intervensi penggunaan DAU-nya oleh pemerintah pusat.

“Oleh karena itu, kami berharap melalui fitur aplikasi Sinderela, komitmen pemerintah daerah, DPRD, dan kepala perangkat daerah dalam mencapai target SPM dapat ditingkatkan,” kata Pj. Bupati.

Ia juga mengucapkan selamat dan sukses atas launchingnya aplikasi ini. Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dan mempermudah segala urusan keuangan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala BPKAD Banyuasin Dra. Yuni Khairani M.Si mengatakan, fitur aplikasi Sinderela mencakup beberapa hal, antara lain pemetaan kebutuhan anggaran SPM, pemantauan realisasi anggaran SPM, serta pelaporan pelaksanaan anggaran SPM.

“Fitur ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk memenuhi alokasi anggaran SPM dengan memprioritaskan belanja yang didasarkan pada basis data dan kebutuhan anggaran SPM. Dengan aplikasi ini, kami dapat memastikan bahwa anggaran untuk SPM terpenuhi dan digunakan secara tepat sasaran,” pungkasnya. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here