Beranda Ogan Komering Ilir Kodim 0402/OKI Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kodim 0402/OKI Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

70
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI-OI menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun dengan mengusung tema ‘Bersama Majukan Indonesia’, diikuti prajurit dan seluruh jajaran di lapangan Makodim OKI-OI, Sabtu (28/10/2023).

Upacara dipimpin Kepala Staf Kodim Mayor Czi Saipul Anwar sebagai inspektur upacara, dengan komandan upacara Letda Inf. Joni Ilham.

Dalam sambutannya, inspektur upacara Kasdim 0402/OKI-OI membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

“Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme,” ujarnya.

Masih kata Kasdim, selain menebar semangat patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Lebih lanjut, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” kata Menpora dalam amanatnya.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan.

“Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” tambah dia.

“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor,” sambungnya.

Di akhir amanatnya, Menpora mengajak pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, semua stakeholder harus mencanangkan kebulatan tekad, baik Kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, organisasi kepemudaan, komunitas serta elemen-elemen lain, sehingga menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” pungkasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here