Beranda Banyuasin Berdasarkan Surat Kapolres Banyuasin, Patroli Karhutla Terus Ditingkatkan

Berdasarkan Surat Kapolres Banyuasin, Patroli Karhutla Terus Ditingkatkan

64
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Personel penguatan pemadaman dan patroli karhutla terus meningkatkan patroli guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Patroli ini dilaksanakan di kawasan Hutan Suaka Padang Sugihan BKSDA Wilayah Provinsi Sumsel.

Patroli rutin tersebut berdasarkan surat Kapolres Banyuasin Nomor : B / 615 / X /OPS.1.3./2023 tanggal 22 Oktober 2023 tentang personel penguatan pemadaman dan patroli kahutla di kawasan Hutan Suaka Padang Sugihan BKSDA Sumsel.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK mengatakan, dalam kegiatan patroli terpadu tersebut, selain melakukan pemantauan titik api dan sosialisasi dilakukan juga sebar maklumat tentang larangan karhutla, serta melakukan imbauan kepada warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Dengan dilakukannya patroli terpadu rutin ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di wilayah Kawasan Hutan Suaka Padang Sugihan BKSDA Sumsel, serta diharapkan juga peran serta masyarakat dalam mencegah terjadinya karhutla,” kata Kapolres, Jumat (27/10/2023).

Kapolres juga menjelaskan, kegiatan patroli terpadu ini dilakukan sebagai bentuk sinergitas antara TNI-Polri dan Manggala Agni dalam mencegah terjadinya karhutla.

“Tentu saja semua itu sangat perlu dukungan dan peran serta dari seluruh instansi terkait, serta peran para tokoh masyarakat dan seluruh elemen lapisan masyarakat,” ungkap dia.

Menurut Kapolres, dari hasil kegiatan patroli tim terpadu Pos Tampin SM Padang Sugihan Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel menemukan titik api pada wilayah jelajah patroli.

“Selanjutnya, tim terpadu melaksanakan pemadaman api. Setelah dipadamkan tim melaksanakan pengecekan kembali untuk memastikan tidak adanya api,” terang dia.

Kata Kapolres, saat ini tim patroli terpadu masih dalam perjalanan menuju lokasi kawasan Pos PLG SM Padang Sugihan. Tim patroli terpadu standby di pos lokasi kawasan Pos PLG SM Padang Sugihan.

“Dari hasil pemantauan di lapangan, tim patroli terpadu tidak menemukan kejadian karhutla di wilayah patroli PLG SM Padang Sugihan Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel,” tutup dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here