Beranda Banyuasin Layanan Prima Dukcapil Banyuasin Dikunjungi Dirjen Teguh Setyabudi

Layanan Prima Dukcapil Banyuasin Dikunjungi Dirjen Teguh Setyabudi

86
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI Dr.H.Teguh Setyabudi M.Pd berkunjung ke Kabupaten Banyuasin.

Kunjungan ini dalam rangka meninjau pelaksanaan pelayanan bersama Dukcapil yang bertempat di halaman Kantor Camat Talang Kelapa, Kamis (26/10/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam SH mendampingi Dirjen Teguh Setyabudi meninjau pelayanan yang telah menuntaskan 1.763 dokumen dalam 3 hari ini.

Hani Syopiar dan Teguh Setyabudi bersama rombongan mengunjungi 6 jenis pelayanan bersama yang telah digelar sejak tanggal 23 Oktober lalu.

Pelayanan bersama ini merupakan kolaborasi dari Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A), juga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyuasin. Sehingga selain dokumen kependudukan masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan perizinan, pelayanan KB, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Perpustakan Keliling, bantuan zakat, dan berbagai pelayanan lainnya terkait.

Kepada Teguh Setyabudi, Pj. Bupati Hani Syopiar Rustam melaporkan bahwa Banyuasin adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin pada tahun 2002 dengan luas wilayah 12.262 km2. Penduduk berjumlah 844.107 jiwa tersebar di 21 kecamatan dan 313 desa kelurahan serta 80 persen adalah perairan. Dari kondisi dan letak geografis ini kami harus bekerja keras serta bekerja tuntas untuk menyelesaikan target-target yang telah diamanatkan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri RI.

“Adapun langkah dan strategi kedepan dalam rangka percepatan target capaian untuk membangun kepercayaan publik serta peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat, bahwa pelayanan bersama ini akan dibudayakan dan dilaksanakan secara kontinyu ke seluruh kecamatan dengan terjadwal dan terukur,” katanya.

Dilanjutkan Hani Rustam, hasil pelayanan bersama dari tanggal 23 Oktober 2023 saat ini berjumlah 1.763 dokumen, rekaman dan IKD dengan rincian sebagai berikut cetak KTP El 564 keping, kartu keluarga 538 lembar, akta kelahiran 150 lembar, perekaman 116 wajib KTP, akta kematian 20 akta, SKP WNI 10 lembar, KIA 67 keping, dan IKD 298 aktivasi.

“Kegiatan seperti ini akan dilakukan secara berkala di berbagai kecamatan. Selanjutnya mengenai penghargaan yang telah didapat menjadi pemicu pemerintah daerah untuk lebih melayani masyarakat. Pelayanan nantinya akan kita tambah tidak hanya 6 pelayanan akan kita tambah, selain mendekatkan terhadap masyarakat ini juga nantinya akan jadi rutinitas Pemkab Banyuasin bersama jajaran dalam rangka untuk membahagiakan masyarakat, dalam hal ini bertujuan menciptakan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia H. Teguh mengapresiasi terhadap pelayanan bersama Dukcapil Kabupaten Banyuasin. Tapi ini juga dikolaborasi dengan pelayanan, baik dari perizinan dan kesehatan.

“Ada 20 lebih layanan kependudukan tentu saja pelayanan harus diteruskan dengan inovasi-inovasi. Setiap pelayanan Dukcapil nanti saya minta langsung melakukan aktivasi kependudukan digital agar bisa dimaksimalkan. Tentunya diharapkan untuk pemerintah daerah dan kota melakukan pelayanan jemput bola pelayanan keliling ke tempat-tempat publik untuk proses pelayanan dokumen kependudukan. Ini menjadi cikal bakal untuk perwujudan terhadap pelayanan publik, mudah-mudahan Kabupaten Banyuasin akan makin maju dan sejahtera terus maksimalkan pelayanan publik sebaik-baiknya,” tutup Dirjen Dukcapil RI. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here