Beranda Advertorial Bupati PALI Akan Gelar Lomba Permainan Tradisional Setiap Tahun

Bupati PALI Akan Gelar Lomba Permainan Tradisional Setiap Tahun

274
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

PALI, Beritakajang.com – Gali serta melestarikan permainan tradisional khas Bumi Serepat Serasan, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM menyatakan akan menggelar lomba permainan tradisional setiap tahun, berbarengan dengan rangkaian Festival Candi Bumi Ayu.

Pernyataan akan menjadikan lomba permainan tradisional menjadi salah satu rangkaian kegiatan Festival Candi Bumi Ayu tersebut disampaikan Bupati Heri Amalindo melalui Sekda Kartika Yanti saat membuka lomba permainan tradisional di Pelataran Candi Bumi Ayu, Rabu (18/10/2023).

(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

Menurut Sekda, lomba permainan tradisional berbarengan dengan Festival Candi Bumi Ayu tahun 2023 itu diselenggarakan Pemkab PALI melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerjasama dengan Organisasi Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten PALI atas inisiasi Bupati Heri Amalindo.

“Lomba permainan tradisional ini merupakan wujud kepedulian Pak Bupati dalam mengangkat kembali juga melestarikan permainan rakyat yang saat ini mulai ditinggalkan, karena perubahan zaman,” ungkap Sekda.

Agar kegiatan lomba permainan tradisional sukses, Sekda mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi.

“Saya mengajak kepada masyarakat PALI untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik menjadi peserta maupun meramaikannya agar banyak warga di luar PALI bisa lebih mengenal kabupaten kita ini,” imbuhnya.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

Dengan gelaran lomba permainan tradisional, Sekda berharap selain menjadi hiburan rakyat PALI, juga menjadi salah satu daya tarik warga luar kabupaten untuk berkunjung.

“Banyak manfaat dengan digelarnya kegiatan ini, salah satunya bisa jadi hiburan rakyat dan bisa mengangkat sektor wisata di PALI,” sebutnya

Sementara itu, Kepala Disbudpar PALI Novita Febrianti mengemukakan bahwa lomba permainan tradisional merupakan rangkaian dari Festival Candi Bumi Ayu yang diselenggarakan mulai tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023.

“Kegiatan ini bekerjasama antara Pemkab dengan ICMI PALI. Dan akan rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk Festival Candi Bumi Ayu sendiri rencananya akan dibuka langsung Pak Bupati pada Kamis besok,” kata Novi.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

Adapun pada lomba permainan tradisional, Novi menyatakan diikuti puluhan peserta dari lima kecamatan.

“Ada empat macam olahraga-olahraga atau permainan tradisional yang dilombakan. Yakni bakiak, egrang, bolak-balik balok dan lomba gasing. Peserta dari seluruh kecamatan yang ada di PALI,” terangnya.(ADV/Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here