Beranda Palembang Ratu Dewa Apresiasi Program Dinkes Palembang dalam Pencegahan Stunting

Ratu Dewa Apresiasi Program Dinkes Palembang dalam Pencegahan Stunting

98
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Fokus dalam penurunan angka stunting nampaknya terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang.

Sebagai bentuk perhatian tersebut, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat sengaja menggelar rapat pembentukan dan evaluasi jejaring skrining layak hamil, ANC dan stunting bersama camat, lurah serta pihak terkait lainnya.

Kegiatan rapat pembentukan dan evaluasi yang digelar di Hotel The Alts tersebut itu, dibuka langsung oleh Pj. Walikota Palembang H. Ratu Dewa, Rabu (18/10/2023).

Dalam sambutannya, Ratu Dewa juga menyampaikan mengapresiasinya atas apa yang dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan serta mengapresiasi para camat dan lurah yang telah menyempatkan diri untuk hadir.

“Dari Agustus hingga September, Alhamdulillah stunting cukup menurun, yakni dari 504 ke 497,” kata Ratu Dewa.

Ratu Dewa juga mengatakan, program yang dilakukan tersebut juga mampu untuk di breakdown atau dirincikan secara detail.

“Karena memang program kegiatan ini memang ada pendekatan khusus untuk penurunan angka stunting di Kota Palembang. Dan kalau ditanya tentang fokus, kita sangat fokus terkait program stunting ini,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr. Fenty Aprina M.Kes menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut memiliki tujuan dalam mengkoordinasikan pembentukan MoU antara Dinas Kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas, lintas sektor dan lain sebagainya yang peduli dalam pelayanan kesehatan dalam melakukan upaya penurunan stunting.

“Tujuan khususnya yakni meningkatkan peran serta lintas program dan lintas sektor dalam pemecahan masalah dan komitmen dari para pemangku kepentingan untuk menajamkan kembali permasalahan dalam penanggulangan stunting dan percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak,” jelasnya.

Selain itu, Fenty juga menambahkan bahwa tujuan lain dilakukannya rapat kegiatan tersebut guna meningkatkan koordinasi dengan berbagai sektor yang terlibat dalam percepatan penurunan stunting AKI dan AKB.

“Dari ini kita harapkan salah satu hasilnya yakni terbentuknya jejaring skrining layak hamil dan stunting dengan menggunakan aplikasi kesehatan Si-Cantik,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut juga,. Ratu Dewa sekaligus melantik Ketua Penggerak PKK Kota Palembang Hj. Dewi Sastrani Dewa S.Ag sebagai Duta Cegah Stunting. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here