Beranda Asahan Pemkab Asahan Gelar Kick Off Meeting Pelaksanaan KLHS RPJPD Tahun 2023

Pemkab Asahan Gelar Kick Off Meeting Pelaksanaan KLHS RPJPD Tahun 2023

164
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Asisten Administrasi Umum Pemkab Asahan Drs. Muhilli Lubis membuka secara resmi kick off meeting pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Asahan tahun 2023 di aula Hotel Marina Kisaran, Selasa (1/8/2023).

Kegiatan yang digelar tersebut bertujuan untuk melakukan analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RPJPD yang selanjutnya sebagai instrumen untuk menerapkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam penyusunan RPJPD dan memanfaatkan hasil KLHS RPJPD dalam penyusunan dokumen KLHS RPJMD.

Bupati Surya dalam sambutannya yang disampaikan melalui Muhili mengatakan, Kabupaten Asahan tahun ini akan menyusun dokumen KLHS RPJPD tahun 2025–2045, KLHS tersebut merupakan KLHS pertama untuk rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Asahan.

“KLHS RPJPD dimaknai sebagai analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RPJPD,” ujar Muhili.

Dalam melaksanakan penyusunan KLHS RPJPD, lanjutnya, melibatkan OPD terkait, instansi vertikal terkait, pihak swasta, lembaga swadaya masyarakat, filantropi, perwakilan dari perguruan tinggi juga dan dibantu tenaga ahli pendamping dan diperlukan peran, masukan, saran positif dari tim penyusun KLHS RPJPD, sehingga nantinya dapat disepakati isu strategis sekaligus rekomendasi untuk diintegrasikan dalam rancangan awal RPJPD Kabupaten Asahan tahun 2025–2045.

“Untuk kelancaran dan ketepatan waktu dalam penyelesaian penyusunan dokumen KLHS RPJPD ini, saya tekankan agar semua perangkat daerah terkait dapat cepat dan segera memberikan dukungan data-data yang diperlukan,” pungkasnya. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here