Beranda Ogan Komering Ilir Dandim 0402/OKI Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Dandim 0402/OKI Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

81
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf. Hendra Saputra S.Sos MM M.I.Pol bersama unsur Forkopimda Kabupaten OKI mengikuti upacara gabungan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang bertemakan ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’, bertempat di lapangan upacara Pemkab OKI, Kamis (1/6/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati OKI H. Iskandar SE yang menyampaikan bahwa, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses, dimulai dari perumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, serta rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan perjuangan kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga kita membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita, namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji,” kata Bupati Iskandar.

Sementara itu, Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf. Hendra Saputra mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai jembatan untuk mengenang, menghormati, menghargai dan mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.

“Pancasila telah mempersatukan Indonesia dan menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Dan ini sudah dibuktikan dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ungkap Dandim.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini sebagai momentum dalam meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” tutup Dandim. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here