Beranda OKI Madira Tradisi Lebaran di OKI Ramai Pengunjung, Personel Gabungan Intensifkan Pengamanan dan Imbauan...

Tradisi Lebaran di OKI Ramai Pengunjung, Personel Gabungan Intensifkan Pengamanan dan Imbauan Keselamatan

175
0
BERBAGI
(Sumber Foto Kominfo OKI)

Kayuagung, Beritakajang.com – Ramainya suasana lebaran di Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini membuat ratusan personel gabungan berasal dari Polres OKI, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan setempat mengintensifkan pengamanan.

Upaya ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kayuagung yang sedang merayakan hari raya Idul Fitri.

“Sejak lebaran pertama, personel kita sebar di titik-titik rawan keramaian, karena adanya tradisi lebaran Midang Morgesiwe maupun wisata air di Kota Kayuagung,” kata Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SIK SH MH, Senin (24/4/2023).

Kapolres mengatakan, tradisi masyarakat merayakan lebaran ini dipastikan mengundang banyak pengunjung, sehingga perlu dilakukan pengamanan ekstra untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sejak jauh hari kita imbau pemilik speedboat maupun penumpangnya agar bersama-sama menjaga keamanan dan keselamatan. Kita tidak ingin ada kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa seperti kapal tenggelam maupun speedboat terbalik akibat kelebihan penumpang. Untuk itu, kita lakukan pengawasan,” ujarnya.

Adapun imbauan yang wajib diindahkan pemilik usaha speedboat maupun penumpang antara lain, operator speedboat wajib menjaga keamanan dan keselamatan penumpang, dilarang melebihi muatan atau kapasitas penumpang, bagi penumpang dilarang berdiri atau duduk di tepian speedboat karena membahayakan, pengemudi dilarang bersikap ugal-ugalan dan mengendarai speedboat melebihi kecepatan.

(Sumber Foto Kominfo OKI)

Kepala Dinas Perhubungan OKI Alexsander Bastomi SP M.Si ikut meminta kerja sama masyarakat untuk memprioritaskan keselamatan diri saat berwisata serta sadar akan keselamatan selama menaiki speedboat.

“Operator speedboat dan penumpang harus sama-sama memprioritaskan keselamatan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” terang Alex.

Personel yang disiagakan pada titik keramaian ini tidak hanya semata untuk pengamanan dari tindakan kriminal, namun juga untuk kenyamanan pengunjung. Seperti mengatur lalu lintas dan secara terus menerus melakukan imbauan agar penyelenggaraan rangkaian tradisi dalam rangka Idul Fitri ini berjalan tertib dan aman

“Personel Dishub juga ditugaskan membantu Satlantas mengatur jalur lalu litas kota, termasuk membuat rekayasa jalan bila dibutuhkan. Selain itu, faktor keselamatan pengunjung juga kita prioritaskan. Untuk ini sudah dilakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait seperti Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan,” kata Alex. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here