Beranda Hukum & Kriminal Aksi Heroik Prajurit Kodim 0402/OKI Gagalkan Pembajakan Kapal

Aksi Heroik Prajurit Kodim 0402/OKI Gagalkan Pembajakan Kapal

110
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Aksi pembajakan kapal dengan bersenjata api rakitan (senpira) berhasil digagalkan oleh salah satu prajurit Kodim 0402/OKI dari Babinsa Koramil 402-13/Sungai Menang, Serka Tri Ari Wibowo, di wilayah perairan Desa Sungai Badak Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Jumat (7/4/2023).

Melalui saluran telepon, Dandim 0402/OKI Letkol Inf. Hendra Saputra membenarkan kejadian tersebut.

Ia menjelaskan bahwa kejadian itu berawal pada pukul 15.25 WIB, saat Serka Tri Ari Wibowo melaksanakan monitoring rutinitas wilayah desa binaannya yaitu Desa Sungai Badak, yang sebagian besar merupakan daerah perairan.

Pada saat sedang menaiki kapal, Babinsa Koramil 402-13/Sungai Menang tersebut melihat ada 2 orang yang mencurigakan menggunakan kapal kecil sedang memepet satu buah kapal.

Setelah berhasil mendekat, ternyata 2 orang preman tersebut sedang meminta BBM yang diangkut oleh kapal PT. BMH dengan cara menodongkan senpira, setelah terjadi percecokan di atas kapal.

Melihat situasi lengah, Serka Tri Ari Wibowo berhasil merebut senpira yang dipegang pelaku, beruntung senjata tersebut tidak sempat meletus.

Dengan sigap, Babinsa dan personel kapal berhasil menangkap seorang pelaku bernama (40) selaku pemandu kapal, sedangkan seorang pelaku lainnya berhasil melarikan diri.

Satu orang pelaku yang berhasil diamankan selanjutnya dibawa ke Dermaga Sungai Badak. Kemudian, Kodim 0402/OKI melaporkan ke komando atas dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk proses selanjutnya.

“Dari kejadian tersebut diamankan 1 orang pelaku dengan barang bukti 1 pucuk senjata rakitan berbentuk pistol dan 4 butir amunisi tajam,” jelas Letkol Inf. Hendra. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here