Beranda Asahan Parenting Education Metode Tepat Bagi Orang Tua Bentuk Karakter Anak

Parenting Education Metode Tepat Bagi Orang Tua Bentuk Karakter Anak

106
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Sebagai sekolah yang pertama kali dikenal oleh anak, orang tua harus berbuat yang terbaik akan peran pentingnya dalam memberikan pendidikan sejak dini dan terbentuknya karakter anak.

“Orang tua harus memberikan tauladan yang baik bagi anaknya dan sebagai peniru ulung anak usia dini akan belajar melalui tahapan imitasi (meniru) sesuai dengan yang dilihat dan didengarnya,” tegas Ketua TP. PKK Asahan Titiek Sugiharti Surya di acara seminar parenting (pola asuh orang tua terhadap anak) nasional, Jumat (17/3/2023).

Orang tua sebutnya harus bisa mengontrol diri untuk tidak menunjukkan perilaku dan perkataan yang kurang baik agar tak ditiru ketika di depan anak.

“Anak akan belajar nilai-nilai dan norma melalui orang tuanya sebelum memasuki jenjang prasekolah (pendidikan PAUD), untuk itu perilaku dan perkataan harus dijaga agar tak ditiru ketika di depan anak. Dan parenting education merupakan metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak,” pungkas Titiek di hadapan ratusan guru PAUD, SD dan SMP saat mengikuti seminar tersebut.

Di acara yang sama, Ketua LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia) Prof. Dr. H. Seto Mulyadi S.P.Si MSi atau yang sering dipanggil Kak Seto, yang juga hadir sebagai narasumber, mengimbau para orang tua dan guru untuk membangun sinergi, karena memegang peran penting dalam tumbuh kembang anak.

“Orang tua dan guru harus lebih proaktif dalam mendidik anak, karena mereka merupakan penerus kita di masa depan,” ujar Kak Seto. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here