Beranda Uncategorized Tajuddin: UMKM Kukar Tidak Boleh Jalan di Tempat, Harus Naik Level Korporasi

Tajuddin: UMKM Kukar Tidak Boleh Jalan di Tempat, Harus Naik Level Korporasi

179
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Nurdin)

Kukar, Beritakajang.com – Asosiasi Karya Muda Mahakam (AKMM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar dialog bersama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kukar.

Dialog dengan tema ‘UMKM Idaman Bisa Mendunia’ tersebut digelar di aula pendopo Wakil Bupati Kukar di kawasan Timbau Tenggarong, Sabtu (18/2/2023).

Kegiatan dialog itu dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kukar Tajuddin dan dihadiri perwakilan Kodim 0906/KKR, Polres Kukar dan ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Kukar yang bergerak di bidang makanan dan minuman dan lain-lain.

Kepala Diskop UKM Kukar Tajuddin yang membacakan sambutan Bupati Kukar, menyampaikan agar kemampuan pelaku UMKM di masa mendatang harus naik kelas. Yakni mengelola administrasi dan tata kelola UMKM.

Untuk itu pihaknya mendorong para pelaku UMKM mengembangkan usahanya hingga ke level korporasi atau badan usaha yang sah dan memiliki badan hukum.

“Kita ingin UMKM di Kukar tidak jalan di tempat, harus naik kelas ke level korporasi. Dengan naik ke level korporasi, peluang usaha dan lapangan kerja di sektor UMKM akan semakin terbuka lebar sehingga target penciptaan lapangan kerja di Kukar bisa dicapai,” ujarnya.

Disampaikannya bahwa Pemkab Kukar melalui Diskop UKM terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku UMKM, agar sektor UMKM bisa diisi oleh SDM yang berkualitas.

“Program tersebut dapat mendorong UMKM untuk membangun usaha ke depan dan menjadi sebuah usaha yang melakukan initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana. Dengan demikian peluang usaha dan lapangan kerja bisa terbuka lebar,” tuturnya.

Ketua AKMM Kukar Aspin Anwar menyampaikan, pihaknya adalah organisasi para pemuda dalam berkarya, pengembangan dan pemberdayaan pemuda di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dijelaskannya, bahwa tujuan AKMM adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia Kukar untuk berkarya di dunia usaha yang berkelanjutan.

Aspin Anwar mengatakan, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim akan dijadikan AKMM Kukar sebagai momentum untuk melakukan lompatan besar.

“AKMM Kukar akan terus mengoptimalkan penggarapan seluruh potensi anak muda yang ada. Hal itu dilakukan dengan penguatan jaringan dan sinergi. AKMM harus mampu memberikan jawaban yang memuaskan atas permintaan masyarakat atau anak muda di Indonesia, khususnya Kabupaten Kukar,” tegasnya.

Aspin Anwar berharap AKMM akan terus berkarya dan keberadaan bermanfaat serta mampu berkontribusi signifikan bagi bangsa dan negara.

“Pengalaman, keahliaan, reputasi, dan kepercayaan dari para pemangku kepentingan merupakan modal untuk tumbuh makin kokoh, besar, dan membanggakan,” pungkas dia. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here